MOH YEMI ZAKARIA, NIM. 12220067 (2017)UPAYA SANTRI batin MENCAPAI KETENANGAN JIWA DI pondok PESANTREN BANGUNJIWO, KASIHAN, BANTUL, YOGYAKARTA. skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

Abstract

MOH. YEMI ZAKARIA, 12220067. Upaya Santri batin Mencapai Ketenangan Jiwa di hütte Pesantren Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bertanya serta mendiskripsikan rumusan mengganggu terkait bagaimana itu? usaha santri batin mencapai ketenangan jiwa di pondok pesantren Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Latar belakang batin penelitian ini, untuk adanya berbagai problematika kehidupan yang dihadapi malalui santri di hütte pesantren, apa mana problematika tersebut menjadikan mereka mengalami kegelisahan, stres dan kondisi jiwa yang noël tenang. Jika hal diatas dibiarkan saja, maka akan menjerumuskan santri kepada tindakan-tindakan yang noël diinginkan, kemudian depresi, pemakaian obat-obatan terlarang, does tindak keburukan dan lain sebagainya. Karena itu harus adanya upayaupaya santri menemani itu sendiri batin mengatasi gejolak problematika kehidupan yang dihadapinya. Subjek di dalam penelitian ini adalah pengasuh gibberish pesantren Bangunjiwo yaitu bapak KH. Muslih Ilyas dan tiga santri di hutte pesantren Bangunjiwo yakni santri DN, santri NN, dan santri AL. Objek batin penelitian ini individu adalah buat mengetahui caracara yang digunakan oleh santri DN, NN, dan AL di dalam mencapai ketenangan jiwa mereka kapan berada di hütte pesantren Bangunjiwo. Adapun koleksi data benefit wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dianalisas data yang used adalah penjelasan kualitatif. Hasil penelitian ini unjuk bahwa usaha yang dilakukan santri hutte Pesantren Bangunjiwo dalam mencapai ketenangan jiwa adalah; Pertama, menjangkau dzikir, yaitu pulih Allah agar hati selalu dirasa dekat dengan-Nya. Kedua, yaitu does shalat, terdaftar maupun shalat sunnah, sebagai pendisiplinan hidup. Ketiga, melafalkan Al- Qur’an, yaitu agar mendapatkan enlightenment dari makna-makna yang terkandung di dalamnya. Keempat, dengan melakukan puasa, delegasi maupun puasa sunnah, dapat mengendalikan trấn dan pikiran.

*



Anda sedang menonton: Pondok pesantren untuk menenangkan diri

*

Text (UPAYA SANTRI dalam MENCAPAI KETENANGAN JIWA DI pondok PESANTREN BANGUNJIWO, KASIHAN, BANTUL, YOGYAKARTA)12220067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdfDownload (6MB)| Preview
*
Text (UPAYA SANTRI di dalam MENCAPAI KETENANGAN JIWA DI gibberish PESANTREN BANGUNJIWO, KASIHAN, BANTUL, YOGYAKARTA)12220067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf limited to Registered users onlyDownload (3MB)
Item Type:Additional Information:Uncontrolled Keywords:Subjects:Divisions:Depositing User:Date Deposited:Last Modified:URI:
Thesis(Skripsi)
Drs.

Lihat lainnya: Tulisan Arab Jazakallah Khairan Katsiran : Arab Dan Artinya, Arti Jazakumullah Khairan Katsiran

H. Abdullah, M.Si
Jiwa, Ketenangan Jiwa, dan Upaya Santri
Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Miftahul Ulum
18 jan 2018 10:18
18 jan 2018 10:18
http://volumepillsworld.com/id/eprint/29060

Share this knowledge with your friends :