Xiaomi dan OPPO adalah dua merek smartphone yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Menurut menyelidiki dari Canalys tahun 2018, Xiaomi menempati peringkat kedua disusul oppo di evaluasi ketiga yang memiliki jumlah pengguna terbesar di negara Air.

Anda sedang menonton: Perbandingan hp xiaomi dan oppo

Ada berbagai alasan mengapa masyarakat Indonesia menyukai detik brandyang sama-sama berasal dari Tiongkok tersebut. Penyimpangan satunya adalah karena harganya yang relatif terjangkau.

Namun jika dilihat dari keseluruhan spesifikasi, harga, hingga pelayanan, kira-kira mana apa lebih unggul dan worth it, ya? Apakah Xiaomi atau OPPO? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!


1. Perbandingan ciri khas detik brand


*
Berbagai Sumber

Setiap brand smartphone pasti luaran ciri khas masing-masing. Begitu pula dengan Xiaomi dan OPPO. Lalu kemudian apa perbandingan ciri khas keduanya?

Pertama untuk Xiaomi. Satu sifat yang dulu top of mind dari brand tersebut adalah harganya yang güns namun mencapai kualitas yang bisa bersaing. Itulah mengapa Xiaomi kelewat mendapatkan julukan "Apple dari Tiongkok".

Ada beberapa hal apa membuat Xiaomi bisa dibanderol mencapai harga yang lebih murah. Di antaranya adalah mereka noël gencar melakukan promosi dan menggaet artis, menjalin pergerakan sama dengan pemberi prosesor, hingga memangkas profit agar penjualan signifikan.

Lalu bagaimana dengan OPPO? Sama-sama dari Tiongkok, perusahaan ini napas tagline "Brilliant Portrait". Frase tersebut melambangkan maafkan saya yang ditonjolkan OPPO, yakni kameranya.

Tak hanya itu, OPPO juga memiliki strategi apa berkebalikan menjangkau Xiaomi. Brand tersebut patuh menggandeng selebritis karena mempromosikan produknya. Start dari Chelsea Islan, Reza Rahadian, Raisa, hingga Isyana Sarasvati.


gizmochina.com

Salah satu yang paling penting untuk dibandingkan adalah dari segi performa. Buat hal ini, ada beberapa indikator apa penting untuk dipertimbangkan. Di antaranya adalah prosesor, RAM, dan ketahanan baterai.

Pertama, dari prosesor. Karena aspek ini, mungkin dibilang bahwa Xiaomi adalah juaranya. Pertama, brand tersebut pada umumnya keuntungan prosesor Snapdragon untuk mereka memiliki kerja sama menjangkau Qualcomm. Sedangkan OPPO lebih patuh mengandalkan Mediatek yang performanya cenderung lebih inferioritas daripada Snapdragon.

Kedua, dari RAM asibe kedua brand tersebut pribadi sifat yang kurang lebih sama. Kamu bisa memilih geram RAM pantas dengan pengeluaran yang kamu keluarkan. Begitu pula buat baterai.

Namun secara keseluruhan, Xiaomi memang lebih unggul dari segi performa ketimbang OPPO. Chapter ini juga disetujui malalui para tech enthusiasts di berbagai negara.

Sebagai ekstra Xiaomi also lebih disukai malalui para gamers dibandingkan OPPO. Sebab performanya masser lebih cepat dan tangkap lagging. Sedangkan OPPO memang noel didesain untuk gaming.


*
xda-developers.com

Berikutnya kita membandingkan dari segi kamera. Kamu tentu sudah bisa menebak, kan, siapa apa lebih unggul di dalam hal ini? Benar, OPPO.

Brand yang sering menggandeng para pelukis tersebut memang menonjolkan atasan kameranya hingga dijuluki sebagai "camera phone". sasaran tangkapan kamera dore dan kamera selfie-nya selalu tampak jelas dan memuaskan.

Walaupun begitu, ini noël berarti bahwa Xiaomi pribadi kamera apa buruk, ya. Hasil tangkapannya sudah sangat cukup, terutama buat menangkap momen sehari-hari dan diunggah ke Instagram kok. Namun Xiaomi memang noël menonjolkan fitur kameranya.

Baca Juga: Ini 10 alasan Kuat karena Menggunakan HP Xiaomi, Gak Hanya buat Murah


youtube.com/Trakin technology

Sama-sama berbasis Android, kedua brand ini napas Android skin yang berbeda. OPPO menjangkau ColorOS sedangkan Xiaomi menjangkau MIUI-nya. Lalu apa mana yang lebih unggul?

MIUI milik Xiaomi memang tersubur dengan tampilannya apa terkesan pendewasaan dan minimalis. Namun justru di situlah daya tariknya. Dari segi gestur, MIUI terinspirasi dari iOS dan cara pengoperasiannya lebih mudah. Android skin ini tambahan praktis, cepat, dan mudah dimengerti.

MIUI termasuk nanti dalam deviasi satu fitur unggulan Xiaomi apa membuat penggunanya "ketagihan". Begitu banyak, begitu banyak menggunakan MIUI, mereka noël ingin berpindah setelah Android skin lainnya. Buat itulah Xiaomi membuat MIUI mungkin diunduh untuk dipakai di smartphone Android mana pun.

ColorOS memiliki tampilan yang sedikit lebih berwarna daripada MIUI. Kamu bisa melihatnya dari ikon-ikon yang tampak lebih catchy dengan menyentuh kuning, ungu, oranye, hingga hijau.Dari segi gestur dan fungsi, ColorOS tergolong cukup lengkap dan bisa ~ mengakomodasi kebutuhan penggunanya.

Dilansir Guiding Tech, lebih kerumunan pengguna apa menyukai MIUI dibandingkan ColorOS. Namun bagian belakang lagi, untuk hal ini, preferensi masing-masing setiap orang bisa beragam.


Berbagai Sumber

Untuk mengganggu ketersediaan service center akibat relatif, tergantung diatas tempat tinggal masing-masing individu. Namun Xiaomi mengaku bahwa mereka noel fokus building offline store dan service center untuk mengalokasikan dananya batin produksi.

Sedangkan buat OPPO, offline store dan service center-nya biasa tersedia di mal dan angkasa perbelanjaan gadget. Walaupun begitu, Xiaomi kini sudah start berekspansi dan memerhatikan ketersediaan service center kemudian bentuk pelayanan terhadap pengguna.


*
Berbagai Sumber

Nah, tibalah kita di aspek yang most penting, yaitu harga. Here kita akan membandingkan, smartphone Xiaomi dan OPPO yang memiliki harga sama. Kira-kira mana yang lebih worth it mencapai segala spesifikasinya. Kita untuk mengambil contoh dari Xiaomi Redmi note 8 menjangkau OPPO A5 2020.

Berikut ini spesifikasi Xiaomi Redmi note 8 yang begitu populer:

Sedangkan berikut ini spesifikasi dari OPPO A5 2020:

Chipset: Snapdragon 665 RAM: 3/4GB Memori internal: 64/128GB Baterai: 5000mAh Layar: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors Kamera: 12MP wide,8MP ultrawide, 2MP macro, 2MP depth, dan 8MP front camera Harga: start Rp2 jutaan

Spesifikasi apa didapatkan dari keduanya kurang lebih sama. Namun menurut berbagai review dari tech enthusiasts di berbagai negara, mereka lebih memilih Xiaomi Redmi note 8. Sebab dari segi performa, jumlah kamera, fast-charging, dan buat gaming, Xiaomi lebih unggul.


Setelah kata sandi ulasan rate Xiaomi dan OPPO di atas, kamu mungkin melihat bahwa kedua brand memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing. Mengenai mana yang lebih unggul, semuanya tergantung pada apa yang kamu butuhkan.

Lihat lainnya: Arti Bst Untuk Lulusan Slta Sederajat + Bst Adalah, Daftar Cpns Bakamla 2021 Di Sscasn

Jika kamu lebih butuh kamera buat foto ataukah video, kamu mungkin mengandalkan smartphone dari OPPO. Sedangkan jika kamu mencari apa lebih güns dan performa yang lebih kuat, Xiaomi bisa menjadi pilihan.

Kedua brand tersebut luaran kualitas yang kurang lebih kemiripan kok. Hadiah mengenai mana yang lebih unggul bergantung di atas preferensi setiap orang. Apapun brandnya mau Xiaomi ataupun Oppo, gunakan voucher Bukalapak untuk beli handphone kamu di Bukalapak. Nah, kalau kamu lebih shang HP dari Xiaomi atau OPPO, nih? terima kasih kembali tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: kesamaan Androidnya, Ini 7 alasan HP Xiaomi senjata tapi Samsung Lebih Mahal