Uraian proyek : Seperti kita terpelajar bahwa deviasi satu aspek penting dalam perhitungan pertumbuhan perekonomian dan kesejahteraan suatu negara adalah taraf pertumbuhan listriknya. Berdasarkan data kelistrikan nasional, tampungnya listrik terpasang di Indonesia pada lima 2015 sebesar 53.585 MW dan bila dirinci berdasarkan tipe pembangkit listriknya yaitu mencapai tenaga air 6,4%, rock bara 52%, gas 24%, BBM 117%, panas bumi 4,4%, dan tenaga berbeda 0,4%. Dengan volume terpasang sebesar itu, proportion elektrifikasi negara kita di lima 2015 masih sekitar 84,35%, menemani itu artinya masih 15,65% inhabitants Indonesia apa belum menikmati listrik. Rasio ini masih rendah dibandingkan negara-negara ASEAN. Adapun sasaran kelistrikan adalah diharapkan dapat dengan 100% di lima 2020. 

Kondisi Eksisting :PLTM (Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro) merupakan investasi prospektif jangka panjang. Kabupaten Pekalongan memiliki sungai-sungai dengan elevasi apa sangat memungkinkan untuk PLTM. Dua lokasi telah dimanfaatkan, namun masih kawanan lokasi lain apa sangat berpotensi untuk investasi PLTM. Sungai yang berpotensi untuk pembangunan PLTM antara lain : 1. Sungai Sengkarang (Kec. Lebakbarang)2. Sungai Welo (Kec. Petungkriyono dan Kec. Doro)3. Sungai Paingan (Kec. Kajen)4. Sungai Genteng (Kec. Paninggaran dan Kec. Kandangserang)5. Sungai Kumenyep (Kec. Lebakbarang)6. Sungai Wisnu (Kec. Lebakbarang)7. Sungai kupang (Kec. Talun)Yang melintas di beberapa utama Kecamatan Petungkriyono, Kecamatan Doro, Kecamatan Talun, Kecamatan Karanganyar, Kecamatan Lebakbarang, Kecamatan Kajen, Kecamatan Paninggaran, Kecamatan Kandangserang, Kecamatan Kesesi dengan dukungan kemiringan lahan apa sangat memadai di quận sekitar tangkapan air pegunungan serta curah hujan dan debit air apa cukup.Saat ini baru ada 3 (tiga) investor yang memanfaatkan Sungai Welo, Sungai Genteng dan Sungai Sengkarang buat pembangunan 5 (lima) unit PLTM yang sudah pada tahap pembebasan lahan. Dari 5 (lima) unit diperkirakan membuat tenaga listrik mencapai kapasitas 28 MW. Diperkirakan pemanfaatan tersebut baru 30% dari potensi yang ada. 

Analisis pasar :Berdasarkan permen ESDM nomor 31 five 20009, PT. PLN diwajibkan untuk membeli tenaga listrik yang dihasilkan dari generator listrik yang menggunakan energies terbarukan, saat ini harga penjualan listrik kepada PT. PLN Rp. 1.075/kwh. Halaman ini demo adanya kepastian dan lega pemasaran energi listrik yang dihasilkan dari PLTM. 

Financial analysis : Rp.


Anda sedang menonton: Pembangkit listrik tenaga mini hidro


Lihat lainnya: Model Rumah Minimalis 3 Kamar 2021, √ 40+ Gambar Denah Rumah 3 Kamar Tidur Minimalis

149.970.000.000
(Investment Cost)Rp. 14.046.000.000 (NPV)1,11  (Profitable Index)16,68% (IRR)4-5 years (Payback Period)