Pulau Kalimantan dahulunya bernama pulau Borneo, apa mana terbagi were beberapa propinsi, deviasi satunya Kalimantan Timur. Propinsi Kalimantan timur mayoritas penduduknya masih keturunan kesukuan Dayak. Hal ini dapat dilihat dari bentuk pakaian adatnya apa sangat khas kesukuan Dayak. Nama pakaian adat Kalimantan Timur yang populer yaitu Sapei Sapaq dan Ta’a.

Anda sedang menonton: Pakaian adat kalimantan timur dan keterangannya

*

Baju sapei sapaq dan baju ta’a berbentuk kemudian rompi yang dihiasi motif etnik suku Dayak Kenyah. Mengenakan tutup utama dari susunan bulu burung produksi semakin unik. Model pakaian such ini tambahan dapat hadiah di propinsi lain, such baju Adat Kalimantan pusat yang also memiliki model apa hampir sama untuk latar belakang adat apa sama pula.


Contents

1 nama pakaian adat Kalimantan Timur1.2 Jenis-jenis pakaian adat Kalimantan Timur1.3 Atribut perlengkapan pakaian adat Kalimantan Timur

Nama pakaian adat Kalimantan Timur

Model pakaian adat Kalimantan Timur tidak just dikenal baju Sapei Sapaq dan Ta’a saja. Tetapi ada jenis apa lainnya apa dibedakan oleh tiap-tiap kesukuan di Kalimantan Timur. Karena mengetahui insula lebih lanjut mengenai nama belakang pakaian adat Kalimantan Timur, mari kita simak penjelasannya sebagai berikut.

Mengenal pakaian adat Kalimantan Timur

*

Nama pakaian adat Kalimantan Timur merupakan pakaian khas yang berasal dari propinsi Kalimantan Timur. Pakaian adat yang dimiliki propinsi Kaltim kebanyakan keuntungan elemen warna warna hitam pada dasaran baju dan bawahannya. Namun tampilannya dihiasi motif corak khas adat Kaltim. Dengan demikian dibedakan dulu beberapa suku apa ada.

Model baju feminin maupun pria hampir sama yakni tanpa adanya lengan. Bawahannya juga tidak mencapai singa di mata kaki. Untuk asesorisnya, para suku asli di Kaltim manfaat ikat kepala yang disusun dari bulu burung Enggang. Namun noel semua version ikat kepala kemudian itu, untuk ada juga yang pribadi model mahkota keemasan.

Jenis-jenis pakaian adat Kalimantan Timur

Seperti penjelasan sebelumnya, bahwasanya pakaian adat di Kalimantan Timur terbagi were beberapa jenis. Jenis-jenis yang ada dibedakan dari tujuan pemakaian dan tambahan tiap sukunya. Berikut adalah beberapa tipe pakaian adat di Kalimantan Timur.

Pakaian adat Dayak Ngaju

*

Pakaian adat dayak ngaju merupakan types pakaian adat khas dari suku dayak ngaju di Kaltim. Design pakaiannya keuntungan bahan dasaran melukis hitam. Untuk baju perempuan manfaat model rompi yang berhiaskan motif. Bawahannya berupa rok panjang apa bahannya sama mencapai rompinya.


BACA JUGA: nama Pakaian Adat Jawa Timur dan Keunikannya

Sedangkan untuk pakaian pria mengenakan baju berbentuk rompi apa sama mencapai baju wanita. Ada tambahan bahan hitam yang menutupi bagian overhead hingga lututnya. Asesoris pria dan perempuan pun turut melengkapinya berupa ikat kepala dari bulu burung enggang, dan perhiasan.

Pakaian adat Kustin

*

Pakaian adat kustin merupakan jenis pakaian adat dari kesukuan Kutai di Kaltim. Pakaian adat kustin ini luaran model apa berbeda dari pakaian adat sebelumnya. Design baju baik pria maupun feminin berlengan liong serta benefit kerah lurus. Berwujud bajunya mempan dari beludru warna hitam.

Pakaian adat bulang Kuurung

*

Pakaian adat bulang kuurung merupakan types pakaian adat dari propinsi Kalimantan timur apa unik. Pakaian ini kebanyakan dipakai oleh para dukun di kaltim. Model bajunya ada yang dibuat berlengan panjang, dan ada juga yang berlengan pendek. Jika apa lengan panjang dinamakan lengke, sedangkan lengan kekurangan disebut dokot tangan. Nyata dasarannya juga dibuat sebagai pakaian adat sebelumnya, yakni beludru cat hitam.

Pakaian adat bulang Burai King

*

Pakaian adat bulang burai king merupakan jenis pakaian adat yang khas di Kalimantan Timur. Pembuatan baju ini luaran model apa tak kalah memukau dari hiasan kepala kuurung. Apa mana terdapat tambahan manic-manik hiasan di bajunya, dan juga ada bulu burung apa mengelilinginya. Pakaian ini dipakai saat pengintai upacara adat di daerah setempat.

Pakaian adat Sapei Sapaq

*

Pakaian adat sapei sapaq merupakan tipe pakaian adat dari kesukuan dayak kenyah di Kaltim. Pakaian types ini ditujukan untuk dikenakan melalui kaum pria. Model bajunya berupa rompi yang bermotif, dan juga menggunakan bawahan celana pendek. Seperti pelengkap, para pria keuntungan ikat terutama khas dan tambahan senjata secara tradisional yang held bernama Mandau.

Pakaian adat Ta’a

*

Pakaian adat ta’a merupakan jenis pakaian adat buat kaum feminin khas suku dayak kenyah di kaltim. Pakaian ta’a ini mirip dengan sapei sapaq, yakni mengenakan rompi yang bernama sapei inog, serta bawahan rok ta’a. Untuk mengenakan pakaian tersebut always dilengkapi dengan asesoris tambahan, sebagai ikat kepala yang dibuat dari daun pandan.

Atribut perlengkapan pakaian adat Kalimantan Timur

Beberapa jenis nama belakang pakaian adat Kalimantan Timur yang ada di atas, tidak akan lengkap tanpa mengenakan atribut atau asesorisnya. Asesoris menjadi salah satu karakteristik utama apa menonjolkan ciri khas diatas suatu pakaian adat, terlebih diatas pakaian adat Kaltim. Berikut pemfitnahan atribut pelengkap apa ada di pakaian adat Kaltim.

Penutup kepala

Penutup kepala yang dikenakan masyarakat Kalimantan Timur umumnya berbentuk ikat kepala apa mana berhiaskan susunan bulu burung enggang. Namun ada juga pakaian adat resmi apa mengenakan tutup utama berbentuk mahkota.

Ikat pinggang

Ikat pinggang apa dikenakan melalui beberapa kesukuan di Kalimantan Timur luaran desain apa sederhana. Kemudian halnya ikat pinggang baju adat Kalimantan Utara, yang hanya memakai kain panjang.

Perhiasan

Perhiasan tambahan dibutuhkan untuk melengkapi pemakaian pakaian adat di Kalimantan Timur. Diantaranya such kalung, gelang, dan juga anting. Pemakaian jeumpa ini tidak hanya untuk wanita saja tetapi pria tambahan memakainya.

Senjata tradisional

Senjata tradisional origin Kalimantan Timur adalah Mandau. Mandau ini berbentuk kemudian perisai apa bermotif, yang mana di membawa oleh kaum pria saat keuntungan pakaian adat.

Lihat lainnya: Shio Hoki Di Tahun 2021 - 4 Shio Paling Hoki Di Tahun Kerbau Logam 2021


Itulah pembahasan mengenai nama pakaian adat Kalimantan Timur yang dapat their ketahui. Pakaian adat apa ada di Kaltim tidak banyak dipengaruhi biakan asing. Sebagian besar model pakaian yang ada masih terikat dari adat biakan setempat. Sehingga people luar jika melihatnya ini adalah mudah membedakannya jika pakaian tersebut dari Kalimantan Timur.