Gresik adalah deviasi satu kabupaten di Jawa Timur. Selain such kota industri dan kota wisata religi, Gresik juga terkenal wisata kulinernya.

Anda sedang menonton: Otak otak bandeng gresik terkenal


*
lihat foto
*

*

SURYA.co.id | Gresik adalah deviasi satu kabupaten di Jawa Timur. Selain seperti kota industri dan kota wisata religi, Gresik also terkenal dengan perjalanan kulinernya.

Entah menikmati masakan dalam makan, warung, atau membawa oleh-oleh pakan khas Gresik.

Dijamin pengunjung menjadi datang lagi setelah Gresik.


Ada kawanan kuliner khas Gresik. Nasi krawu, nasi rumo, sego menir, nasi blawu, dulu makanan berat apa harus dicoba.

Bumbu kuat dulu ciri makanan Gresik. Camilan pun banyak jenisnya, such pudak, ndok bader, bubur dempul, bronggolan, kemplang, jenang jubung, lorjuk, dan aneka camilan beraroma seafood lain.

Sebagai pendamping nasi, yang patut dicoba adalah otak-otak bandeng, semur welut, dan aneka diproses ikan asap.

Sebagai penghasil bandeng, menangani bandeng kawanan dicari.

Juaranya adalah bandeng asap dan otak-otak bandeng. Otak-otak bandeng unik untuk dalam pembuatannya, daging bandeng dihaluskan bersama bumbu.

Kulit bandeng yang lentur dan tahan lama dibalik karena mendapatkan segenap daging bandeng.


Setelah dibumbui, daging halus itu bagian belakang dimasukkan setelah dalam kulit ikan. Bentuk bandeng kembali seperti semua. Otak-otak bandeng dijual dengan dijepit bambu.

Salah satu yang terkenal adalah “Otak-otak Bu Muzanah. Gurih tidak punya meninggalkan rasanya khas bandeng itu sudah terkenal di dalam dan luarnya Gresik.

Kini, anak cucu Muzanah meneruskan usaha menyertainya dengan pengaturan toko di cara Sindujoyo Gresik.

Almarhum Bondan yang terkenal mencapai istilah maknyus dan Khofifah, cabang Jawa Timur sekarang, juga pernah singgah di sana.

Harga satu otak-otak bandeng sekitar Rp 60.000. Ada juga bandeng presto Rp 30.000 dan bandeng asap Rp 45.000. “Otak-otak bandeng noël bisa simpan saja lama buat tidak pakai bahan pengawet. Papan ini tahan kyung 2-4 days kalau dimasukkan di dalam lemari es,” ungkap penyimpangan satu pegawai belanja Bu Muzanah.

Selain membeli Otak-otak Bu Muzanah, otak-otak bandeng juga dijual di sepanjang jalur Sindujoyo. Ada membeli Sari Kelapa, si Unyil, belanja Mak Ca, dan lain-lain.

Tiap toko penjualan otak-otak dengan citra rasanya tersendiri. Pembeli bisa memilih benar selera. Toko-toko itu juga menjual memberi makan ringan seperti madumongso, opak, kerupuk udang, lorjuk, dan lain-lain.

Di sepanjang cara Sidujoyo akan ramai ketika ramadan dan days Raya Idul Fitri. Mereka yang datang, pembelian oleh-oleh khas Gresik buat sanak familial baik di dalam dan di luar Gresik.

Sekarang, pembuatan otak-otak bandeng siap lebih canggih. Alat yang dipakai lebih modern.

Memisahkan daging dan duri, tidak memakai batok kelapa yang dilubangi lagi, tetapi memakai tool dari aluminium.

Lihat lainnya: Ini Dia 6 Cara Buat Pupuk Organik Cair Super Ampuh, Cara Membuat Pupuk Organik Cair (Poc)

Menghaluskan bumbu dan dagingnya pun pakai blender yang menggantikan ulekan.

Jika berjalan-jalan setelah Gresik, jangan terlupakan mampir pembelian otak-otak bandeng. Dijamin rasa maknyus!