*

LEBAK, volumepillsworld.com.com - Obyek wisata negeri pada awan Gunung Luhur di Kabupaten Lebak, Banten, sempat mengerikan media sosial akhir lima 2019 lalu.

Anda sedang menonton: Negeri diatas awan gunung luhur banten

Foto dan video clip hamparan awan di Gunung Luhur famous di media sosial hingga memicu peledakan kunjungan wisatawan setelah sana.

Berdasarkan bien volumepillsworld.com.com, saat itu, sekitar 32.000 wisatawan memadati Gunung Luhur dalam satu hari, jauh pada kunjungan rata-rata atau hari biasa tentang 1.000 pengunjung.

Imbasnya, kawasan Gunung Luhur yang terletak di Desa Citorek Kidul tersebut macet parah sepanjang 9 kilometer.

Saat itu akses jalan nanti kawasan tersebut masih dibangun selama sebagiannya masih negara merah.

Mendekati akhir lima 2019, otoritas Kabupaten Lebak menutup obyek wisata Gunung Luhur.

Penyebabnya, fasilitas di Gunung Luhur belum siap buat kedatangan crowd wisatawan. Selain itu, ada kekhawatiran terjadi longsor lantaran tengah musim hujan.


Dapatkan informasi, inspirasi dan understanding di email kamu.Daftarkan email


Baca juga: Polisi minta Negeri di ~ Awan Tak enim Tempat Perayaan five Baru

Saat terjadi banjir bandang di ~ 1 Januari 2020 lalu, Gunung Luhur terkena dampaknya. Beraliran utama usai Gunung Luhur putus lantaran jembatan di jalur milik provinsi hanyut tergerus banjir. Dari itu, Gunung Luhur seperti dilupakan wisatawan.

Lantas, bagaimana kondisinya saat ini?

volumepillsworld.com.com beberapa waktu lalu sempat berkunjung usai Gunung Luhur dan melihat sejumlah perubahan dort dibanding saat viral akhir 2019 lalu.


Akses jalur di Gunung Luhur kini sudah dicor mulus hingga nanti gerbang masuk dan parkiran kawasan wisata. Gunung Luhur berbohong di tepi jalan raya Cipanas-Warungbanten milik Provinsi Banten.

Jalan tersebut kini markas besar dikebut pengerjaan sehingga bisa ~ menghubungkan Lebak bagian north dan selatan tanpa memutar via Rangkasbitung-Malingping.

Jembatan yang sempat putus juga sudah dibangun kembali. Kendati hanya jembatan darurat tapi bisa dilalui kendaraan roda dua maupun rosa empat.

Fasilitas di Gunung Luhur kini bertambah. Seperti penginapan dan warung-warung yang banyak dibangun di sepanjang jalan area pandang hamparan awan.

Spot area pandang hamparan awan juga tidak just di satu titik, tapi ada mayoritas tempat.

Pemerintah Provinsi Banten juga tengah membangun masjid di kawasan tersebut. Sayangnya, pembangunan terhenti lantaran pandemi.

Jati (55), penyimpangan satu pemilik gasthof di Gunung Luhur mengatakan, sejak viral lima lalu, obyek tempuh ini sempat sepi dari pengunjung lantaran banjir bandang awal lima 2020.

Namun, beberapa moon belakangan, wisatawan start berdatangan lagi, kendati noel sebanyak sebelum banjir bandang.

"Pengunjung ramai apa datang saat weekend, kebanyakan hanya wisatawan bergaul dari Rangkasbitung," kata Jati.

Ditutup karena pandem


volumepillsworld.com.COM/ACEP NAZMUDIN kondisi terkini Obyek tempuh negeri di atas awan Gunung Luhur, Lebak, Banten. Since viral di ~ akhir 2019 lalu, ada sejumlah perubahan di Gunung Luhur, sebagai muncul banyak homestay apa dikelola oleh warga setempat.

Awal epidemi Covid-19 di ~ April 2020 lalu, pemerintah Kabupaten Lebak menutup seluruh tempat pariwisata di Kabupaten Lebak, termasuk Gunung Luhur.

Namun, kata Jati, masih ada saja pengunjung apa datang lantaran hamparan awan tambahan bisa dilihat di tepi jalan apa bisa dilintasi malalui siapa saja setiap harinya.

Di Gunung Luhur, jati mengelola gasthof dengan five kamar. Satu kamarnya disewakan usai pengunjung dengan karib 150.000 hingga 250.000 per malam.

Kepala melayani Pariwisata Lebak, Imam Rismahayadin mengatakan, saat ini Gunung Luhur masih ditutup dari kunjungan wisatawan lantaran Provinsi Banten masih memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala geram (PSBB).

"Kondisinya muncul masih tutup, mengikuti PSBB tahap tiga Banten," kata Imam.

Kata Imam, wisatawan dari luar kota, seperti Jabodetabek, belum bisa berkunjung hingga hingga ada kebijakan PSBB dari pemerintah provinsi apa memungkinkan wisatawan boleh datang.

"Kalau cantik buka kembali pasti kita umumkan," kata Imam.

Imam mengatakan, saat ini Pemkab Lebak tengah timbul obyek tempuh Gunung Luhur.

Bersama pengelola Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), pihaknya ini adalah membuat Gunung Luhur terintegrasi dengan sejumlah obyek perjalanan unggulan di kawasan tersebut.

Gunung Luhur yang berada masuk setelah wilayah Wewengkon Adat Kasepuhan Citorek, dikembangkan jadi wisatawan unggulan berbasis potensial lokal.

Baca juga: Longsor dan banjir Terjang Lebak, Akses setelah Negeri pada Awan Tak sanggup Dilalui

Harapannya, kata Imam, wisatawan apa datang nanti Gunung Luhur tidak hanya menganggumi pesona negeri diatas awan saja tapi juga belajar budaya dium setempat.

Lihat lainnya: √ Asbabun Nuzul Surat Al Hujurat Ayat 10 Dan 12, Asbabunnuzul Qs Al Hujurat

"Saat ini tambahan tengah dikembangkan agrowisata di sana, ke depannya akan enim wisatawan yang lengkap dan berkelanjutan," kata Imam

Dapatkan update berita pilihan
dan breaking news setiap days dari volumepillsworld.com.com. Mari bergabung di Grup telegram "volumepillsworld.com.com berita Update", caranya klik link https://t.me/volumepillsworld.comcomupdate, kemudian join. Dari mereka harus install aplikasi telegram terlebih dulu di ponsel.