Petugas siap pesawat apa akan menengahi rombongan raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud di pesawat terbang Internasional i Gusti Ngurah Rai, Bali. (Foto: Antara)

Denpasar - Kedatangan raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud dari Arab Saudi di Bali noel pernah sepi dari pemberitaan, kendati selama mengunjungi di Bali sejak sabtu (4/3) hingga Minggu (12/3) tertutup atau noël ingin diliput wartawan. Buat itu, tidak ada yang tahu persis maafkan saya saja barang apa dibeli king Salman beserta entourage-nya dan bagaimana sesungguhnya uang yang dihabiskan mereka selama berlibur di pulau Dewata.

Anda sedang menonton: Kunjungan raja salman di bali

Meski mereka telah meninggalkan Bali, masih banyak warga social atau publik yang sebenarnya ingin kenal lebih banyak what kegiatan king Salman dan rombongannya di Bali. Apalagi sehari menjelang mereka meninggalkan quận pariwisata ini ada 16,6 volume barang (bagasi) apa harus dibawa mereka usai berlibur di quenn yang dikenal surganya Indonesia ini.

Selain belanja oleh-oleh, kedatangan raja Salman dan rombongannya tambahan mengherankan masyarakat buat mereka menginap di sejumlah hotel mewah apa betarif mahal. Bahkan dengan mengunjungi harus does sterilisasi terhadap hotel bersangkutan dan licin tamu yang menginap dengan nilai yang tidak kecil. Hotel tempat mereka menginap antara lain St Regis Bali Resort, The Mulia resort & Villas Nusa Dua Bali, Hilton Bali Resort, The Laguna will & Spa Nusa Dua Bali apa berada di kawasan Nusa Dua, dan satu hotel mewah lainnya yakni Hotel Bvlgari resort Bali berada di kawasan Uluwatu.

Dengan belanja plus iklim mereka, kalau kita enumerasi uang apa dikeluarkan empire Arab Saudi selama delapan days berlibur di Bali tentu noël bisa diketahui secara detail. Namun, dengan angkasa mereka menginap di hotel mewah dan beberapa mengunjungi shopping center dan obyek wisata bisa foregin uang apa dikeluarkan mencapai Rp 300 miliaran lebih.

Jumlah mata uang ratusan miliaran itu dinilai dimasukkan akal, buat rombongan apa diboyong raja Salman untuk berlibur di Bali nyaris seluruhnya doyan shopping. Bahkan untuk masuk mall mewah di kawasan Kuta, erourage-nya belanja minimal merogoh kantongnya Rp 6 juta.

Besarnya uang apa dikeluarkan raja Salman bersama rombongannya itu juga karena terjadi penambahan waktu libur apa diperpanjang selama tiga days dari perencanaan sebelumnya. Depan mereka menjadwalkan liburan di Bali dari sabtu (4/3) hingga Kamis (9/3), Namun ditambah another tiga aku sehingga jadwalnya berubahmenjadi Minggu (12/3).

Kepala melayani Pariwisata Provinsi Bali Anak Agung Gede Yuniartha, mengatakan just dengan penambahan waktu tiga aku dari penjadwalan mereka diperkirakan mengeluarkan uang sekitar Rp 100 miliar apa dikeluarkan oleh empire Arab Saudi ini. "Ketika beliau apa rencananya hari libur di Bali sampai 9 Maret kami perkiran beliau menghabiskan mata uang Rp 250 miliar. Kemudian diperpanjang tiga hari lagi, bisa ditaksir ada Rp 300 miliaran lebih secara keutuhan uang apa dikeluarkan," kata Yuniartha di Denpasar Bali detik (13/3).

Yuniarta menjelaskan, kalau seorang raja Salman menjangkau pangeran dan rombongannya menghabiskan mata uang tersebut dingin pantas. Apalagi melihat hotelnya, dan rombongannya yang mencapai sebanyak 1.500 orang. Belum lagi barang belanjaan yang mencapai memuat 6,4 ton. "Di sana modern beliau menyewa kamar hotel apa cukup banyak. Belum lagi rental mobil mobil, dan tempat-tempat pariwisata lainnya yang dikunjunginya," katanya.

Dapat dikatakan kalau kerusakan ekonomi dengan raja Salman ke Bali sangat positif untuk sudah tentu saja akan pengayaan perekonomian social termasuk social di lapisan bawah. "Kami lanskapnya sangat aktif sekali dan banyak rombongan beliau yang memborong kerajinan Bali, dan goods lainnya," ujarnya di samping itu berharap setelah raja Arab Saudi ke Bali menjadi diikuti malalui rakyatnya dan negara tetangga lainnya.

Tentang raja Salman dan rombongannya, konon membuat masyarakat terutama pelakunya bisnis khususnya yang dekat mencapai penginapan raja Salman dulu lebih berinovasi. Sebab, siapa tahu raja Salman ataukah salah satu rombongannya sanggup mampir di ruang angkasa bisnisnya. Kedatangan raja Saudi ini bisa ~ mendongkrak pamor bisnis.

Bahkan noël sedikit finite membuat kalangan wartawan also harus kecele mencapai informasi yang diperoleh seperti unggahan pemilik Adi Spa apa menyematkan “princesnya king Salman” mendadak viral. Foto itu “bercerita sendiri” dan memenuhi pikiran masing-masing orang apa melihatnya. Terbatas tercerahkan bahwa bergambar tersebut bukanlah putri king Salman, melainkan deviasi satu pramugari berkewarganegaraan Inggris di dalam rombongan king Salman. Meski ndak anggota kerajaan, embel-embel raja Salman cukup produksi foto ini bergerilya di media sosial.

Entah mau mendadak viral atau memang penasaran. Pemfitnahan wanita juga laki-laki sempat diamankan selagi keinginannya karena bertemu raja Salman melaksanakan pupus. Banci dengan 500 lembaran puisi di tangannya yang paling mengusik. Banci ini datang karena berjumpa langsung dengan raja Salman. Mungkin, puisinya kurang “terbuka” sehingga tak membawanya bertemu raja Saudi, melainkan pertemuan bapak-bapak polisi. Feminin dengan tampilan nyentrik dan masser aneh ini tampan puas jika 500 kertas puisinya just sampai di atas penjaga raja Salman.

Keesokan harinya giliran seorang banci mengaku bernama Kanjeng ratu Hamengku a Mariana, diamankan. Petugas langsung memeriksa KTP-nya dan namanya apa asli Mariana. Bahkan ada juga salah seorang laki-laki apa tiba-tiba mau menawarkan batu giok kepada raja Salman meski semuanya just bisa ketemu sama penjaga keamanan yang sangat ketat menjaganya.

Ada juga yang menarik tentang kepulangan raja Saudi ini, yakni total bobot barang kepunyaan raja Salman dikabarkan 16 volume lebih. Pengawalan dilakukan untuk memberikan pengamanan terhadap goods milik raja Salman dan rombongannya sehingga utuh saat diberangkatkan dari hotel judul kargo internasional. Untuk memperlancar kegiatan pengawalan, petugas sudah menempati titik-titik ataukah jalur yang akan dilalui kemudian Jalan By-pass Ngurah Rai, beraliran tol, Bundaran patung Ngurah Rai, patung Kuda hingga Kawasan bandara Ngurah Rai.

Berdasarkan laporan dari Satgas Bandara, segenap barang milik rombongan raja Arab Saudi akan diangkut menyundul Haneda, Jepang, menggunakan pesawat angka flight 7361 form B773 kota 15.00 Wita. Total barang apa diangkut sebanyak 678 koli dengan bobot 16 ton, 644 kilogram. Lebih menariknya lainnya barang apa saja yang sesungguhnya dulu oleh –oleh king Salman yang di membawa dari Bali secara rinci tidaklah diketahui.

Meski demikian dengan memuat mencapai 16 ton lebih, tentu raja Salman dan entourage-nya selain berlibur menikmati pemandangan alam dan budaya Bali, mereka juga membelanjakan uangnya karena suvenir atau oleh-oleh. Menempel keindahan, kedamaian, rasanya saling menghormati, tambahan kebhinnekaan sebagai bagian dari oleh-olehnya. Selama kurang lebih satu minggu ini, rasa-rasa yang hanya bisa dinikmatinya menjangkau hati, dibungkus rapi, lalu dikemas dalam-dalam agar sanggup ditebar di negerinya menjadi benih lebih baik dan terawat baik sehingga perang kemanusiaan, autokrasi tak berkesudahan bisa dituntaskan.

Lihat lainnya: Sejarah Cerita Kisah Nabi Yusuf Singkat Dari Lahir Sampai Wafat

Oleh-oleh dari Bali rasa kedamaian, keindahan, kesederhanaan, dan toleransi, tentu tak didapat mencapai mudah. King Salman sampai menambah 3 hari karena benar-benar mungkin menangkap rasa-rasa itu full di dalam hati dan pemikirannya. Tak crowd wisatawan yang bisa pembelian oleh-oleh itu ketika sampai di Bali. Mereka lebih tertarik dengan pesona Eropa di Bali, pesona mewah, glamor, dan bersenang-senang. Di Bali nampaknya raja Salman terutang betah dan puas, mengeksplorasi perbedaannya, justru untuk membuat jiwanya makin penuh untuk merangkul segala apa berbeda dengan trần damai.