Umat Islam dianjurkan membaca surat Al kahfi pada malam Jumat atau aku Jumat. Batin hadis dijelaskan, manfaat surat Al kahfi dapat melindungi dari dajjal.
*


Surat Al kahfi termasuk golongan surat Makiyah dan jumlah ayatnya 110. Surat ini menempati urutan ke-18 di dalam Al-Quran. Dinamakan surat Al Kahfi buat mengisahkan sekitar beberapa setiap orang pemuda dan anjingnya apa bersembunyi di gua.

Anda sedang menonton: Kata kata surat al kahfi

Mereka gyeongju dari kejam penguasa apa berideologi materialisme dan kekuasaan mereka karena kafir kepada Allah SWT., menurut secara baik “Kedahsyatan melafalkan Al-Qur"an” melalui Amirulloh Syarbini dan Sumantri Jamhari.


Dalam ajaran religius Islam, keutamaan membaca surat Al kahfi pada malam Jumat dijelaskan malalui Rasulullah saw. Dalam hadis berikut.


“Barangsiapa membaca suratnya Al kahfi pada malam Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga Baitul Atiq” (HR. Al Hakim, Al Baihaqi, dan ad Darimi).


An-Nawwas bin Sam"an memberi tahu dari sabda Nabi Muhammad, bahwa membaca surat Al kahfi dapat melindungi dari fitnah dajjal sebagaimana dijelaskan di dalam hadis berikut.

"Maka barang siapa middle kamu apa mendapatinya (mendapati zaman dajjal) hendaknya ia membacakan ns ayat-ayat permulaan surat Al Kahfi." (HR. Muslim).


Dari hadis tersebut diketahui bahwa umat Islam dianjurkan karena membaca ayat-ayat permulaan surat Al Kahfi. Berdasarkan booker “Ensiklopedia Kiamat”, minuman bahwa ayat permulaan yang dimaksud adalah ayat 1-10 dari surat Al Kahfi.


Surat Al kahfi Ayat 1-10

Berikut bacaan surat Al kahfi ayat 1-10 dan artinya.

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ عَلٰى عَبْدِهِ الْكِتٰبَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَّهٗ عِوَجًا ۜ - ١

1. Segala puji bagi Allah apa telah menurunkan Kitab (Al-Qur"an) kepada hamba-Nya dan Dia tidak menjadikannya bengkok.


قَيِّمًا لِّيُنْذِرَ بَأْسًا شَدِيْدًا مِّنْ لَّدُنْهُ وَيُبَشِّرَ الْمُؤْمِنِيْنَ الَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمْ اَجْرًا حَسَنًاۙ - ٢

2. Seperti bimbingan yang lurus, untuk memperingatkan menjadi siksa yang sangat pedih dari sisi-Nya dan memberikan kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan virtue bahwa mereka akan mendapat balasan yang baik.

مَّاكِثِيْنَ فِيْهِ اَبَدًاۙ - ٣

3. Mereka selama-lamanya di dalamnya untuk selama-lamanya.

وَّيُنْذِرَ الَّذِيْنَ قَالُوا اتَّخَذَ اللّٰهُ وَلَدًاۖ - ٤


4. Dan buat memperingatkan kepada orang yang berkata, “Allah hunian seorang anak.”

مَّا لَهُمْ بِهٖ مِنْ عِلْمٍ وَّلَا لِاٰبَاۤىِٕهِمْۗ كَبُرَتْ كَلِمَةً تَخْرُجُ مِنْ اَفْوَاهِهِمْۗ اِنْ يَّقُوْلُوْنَ اِلَّا كَذِبًا - ٥

5. Mereka kesamaan sekali noel mempunyai pengetahuan kyung hal itu, begitu pula yang paling mereka. Alangkah jeleknya kata-kata yang keluar dari mulut mereka; mereka just mengatakan (sesuatu) berbohong belaka.

فَلَعَلَّكَ بَاخِعٌ نَّفْسَكَ عَلٰٓى اٰثَارِهِمْ اِنْ لَّمْ يُؤْمِنُوْا بِهٰذَا الْحَدِيْثِ اَسَفًا - ٦

6. Maka barangkali engkau (Muhammad) bevolumepillsworld.comme mencelakakan dirimu untuk bersedih trần setelah mereka berpaling, sekiranya mereka noël beriman kepada keterangan ini (Al-Qur"an).

اِنَّا جَعَلْنَا مَا عَلَى الْاَرْضِ زِيْنَةً لَّهَا لِنَبْلُوَهُمْ اَيُّهُمْ اَحْسَنُ عَمَلًا - ٧

7. Sesungguhnya kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan baginya, karena Kami tes mereka, siapakah di antaranya yang terbaik perbuatannya.

وَاِنَّا لَجَاعِلُوْنَ مَا عَلَيْهَا صَعِيْدًا جُرُزًاۗ - ٨

8. Dan kami benar-benar bevolumepillsworld.comme menjadikan (pula) what yang di atasnya were tanah apa tandus another kering.

اَمْ حَسِبْتَ اَنَّ اَصْحٰبَ الْكَهْفِ وَالرَّقِيْمِ كَانُوْا مِنْ اٰيٰتِنَا عَجَبًا - ٩

9. Apakah engkau keraguan bahwa orang yang mendiami gua, dan (yang mempunyai) raqim itu, tersirat tanda-tanda (kebesaran) Kami yang menakjubkan?

اِذْ اَوَى الْفِتْيَةُ اِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوْا رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا - ١٠

10. (Ingatlah) kapan pemuda-pemuda menyertainya berlindung nanti dalam hang lalu mereka berdoa, “Ya tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kita dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami di dalam urusan kami.”

Bacaan surat Al kahfi tersebut sumber dari Kementerian Agama di dalam quran.kemenag.go.id.


Baca Juga

Manfaat surat Al Kahfi

Terdapat beragam manfaat membaca suratnya Al Kahfi such berikut.

Disinari cahaya saat days kiamat

Rasulullah saw. Bersabda, "Barangsiapa yang membaca surat Al kahfi sebagaimana diturunkan, maka baginya cahaya di aku kiamat dari ruang angkasa berdirinya hingga kota Makkah." (HR. An-Nasa"i, As-Silsilah, Ash-Shahihah, No. 2651).

Dilindungi dari dajjal

Dijelaskan dalam buku “Teka Teki surat Al Kahfi” melalui Abu Lukman Fathurrahman, bahwa dajjal noël dideskripsikan di dalam Al-Quran. Tetapi, fitnah dajjal dijelaskan di dalam hadis berikut.

"Ibnu Umar radiallahu "anhuma berkata; then Nabi Shalallahu"alaihiwasalam kedudukan di hadapan manusia, lalu dipuji Allah. Itu satu-satunya yang most berhak dipuji then beliau menyebutkan masalah ad-Dajjal dan bersabda: "Sungguh aku mengingatkan kami tentangnya dan noel ada seorang nabi pun kecuali telah ditingatkan kaumnya circa dajjal itu. Sungguh Nabi Nuh "Alaihissalam telah tahu kaumnya. Menjadi tetapi aku katakan kepada kita tentangnya yang para nabi (sebelumku) belum pernah mengatakannya, yaitu bahwa ad-Dajjal menyertainya a"war (buta sebelah matanya) dan sebenarnya Allah tidaklah buta sebelah."" (HR. Bukhari No. 2.829).

Dari deskripsi tersebut, dajjal diperingatkan melalui Nabi Muhammad saw. Then dijelaskan malalui sabda Nabi Muhammad saw. Bahwa membaca surat Al kahfi dapat melindungi dari dajjal.

"Maka barang siapa tengah kamu yang mendapatinya (mendapati zaman dajjal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat Al Kahfi." (HR. Muslim).

Lihat lainnya: Soal Sbdp Kelas 2 Semester 2, Soal Uts Sbk Mid Semester 2 Kelas 2 Sd


Baca Juga

Dapat dipahami bahwa umat Islam dianjurkan buat membaca suratnya Al kahfi pada days Jumat, karena membawa manfaat berupa disinari cahaya saat kiamat dan dilindungi dari fitnah dajjal.