Selamat siang, terima kasih kawanan sudah berpartisipasi dalam wawancara ini. Kalau boleh tahu, Tama mountain asalnya dari mana?

Saya berasal dari Purwakarta. Sekarang tinggal di Cimahi untuk pekerjaan. Saya lulus UPI lima 2009, jurusan kepelatihan olahraga, Fakultas FPOK.

Anda sedang menonton: Gaji pertanian di jepang 2020

Ini menarik sekian ya, yag dulunya jurusan olahraga, kenapa akhirnya memutuskan untuk ke Jepang. Selama ini pernah bekerja di mana saja?

Saya lulusan 2015, nanti lulus saya sempat teori feelance latihan di Cimahi such pelatih Voli di perguruan tinggi, dan guru latihan di sekolah-sekolah selama setahun. Nanti itu saya keluar dan merencanakan di EO (Outbound, Tour and Travel, dll).

Apa sih bab yang dulu titik menggoreng kamu karena belajar bahasa Jepang?

Sebenarnya kalau dari dulu saya suka anime, tapi noël terpikirkan buat bekerja di Jepang, just saja saat KKN saya satu keompok mencapai mahasiswa Sastra Jepang, dialah sering membawa buku bahasa Jepang. Saya belajar darinya, dan ternyata seru juga. Walaupun selesai KKN saya tetap belajar belajar, memanggang waktu nonton anime sedikitnya da kata-kata yang bisa saya mengerti.Sampai sekarang saya terus belajar dan tujuan sekarang adalah lulus JLPT N3.

Lalu, dapat insula dari siapa kyung kerja di Jepang?

Saya menyarankan LPK melalui senior saya apa mengajari saya ketika KKN. Akibat saya mencari apa 3 tahun, tapi hanya ada program yang setahun saja. Selama di LPK saya menjalani pelatihan selama 3 bulan seperti diajarkan cara bekerja di Jepang dan juga belajar dari segi bahasanya.

Ternyata pelatihannya lumayan cilt ya. Waktu itu bekerja di Jepang di field apa?

Saya bekerja di daerah pertanian. Dan bekerjanya memang di ladang. Walaupun programnya satu tahun, tapi fullnya kerja hanya 7 bulan saja, untuk kalau memasuki musim dingin tidak sanggup bercocok tanam. Dahulu mulai bekerja, di sana belajar lagi bahasa Jepang selama 3 minggu.

*


Semua proses benefit mesin

Di menyiksa mana kamu bekerja saat itu? Dan maafkan saya saja yang dikerjakannya?

Saya bekerja di menyiksa prefektur Nagano. Dot diajarkan cara menanam sayur, nyemai bibit, panen juga mengirimkan sayuran nanti pengepul. Jika memasukkan musim panen, pukul kerjanya sanggup melebihi standar pukul kerja biasanya.

Di Jepang, usaha petani masuknya perusahaan pisahkan, pribadi, misalnya dan memiliki beberapa ladang. Waktu itu bos saya luaran 7 ladang. Satu ladang sebesar 4x lapang nol dan yang lainnya sebesar lapang voli. Segenap proses siap menggunakan mesin, dari membuat gundukan, menyiram, sampai pemberian vitamin juga. Apa manual hanya menanam dan panen saja.

Wah, ternyata menajdi berat tambahan ya. Tapi betapa mengejutkannya kamu bisa ~ mengerjakan itu walaupun noël ada dasar agraris sama sekali. Ditambah, jarang sekali anak muda yang berminat untuk berprofesi sebagai petani. Kalau untuk jam kerjanya such apa? untuk saya pikir bertani itu various dengan pekerjaan-pekerjaan lainnya.

Jika di musim tanam, saya mulailah kerja jam 7 sampai jam 4 sore. Tapi kalau di musim hujan panen kadang awal kerja pukul 12 malam atau jam 2 malam. Saya kerja tiap hari dan noël ada hari libur. Terutama musim panen di moon juli, agustus, september nyaris noel ada aku libur, paling libur setengah hari.

Tapi untuk tidak ada libur, harusnya penghasilannya juga lumayan kan..? hehe sedikit bocoran dong soal penghasilannya.

Gaji perbulan tergantung musim juga. Kalau hujan kan noël kerja, otomatis noël ada penghasilan juga. Dan di sana saya dibayar perjam. Perbulan saya bisa ~ dapat 180.000 yen tapi belum dipotong ini itu. Jika musim panen di bulan agustus, saya bisa ~ dapat 280.000 yen.

Menurut saya, di Jepang semakin bobot pekerjaannya semakin mahal bayarannya. Tapi walaupun begitu militer berbeda, bayaran apa magang 750-800, sedangkan people Jepang 1200-2000 yen.

Waduh, markas besar malam sekali. Alasannya kenapa start kerjanya kota segitu ya?

Karena bekas sayuran apa dipotong itu noel boleh terkena matahari langsung. Dan sayurannya juga tidak boleh terkena matahari. Setelah sayuran dipotong langsung irigasi supaya getah yang menempel noel membuat sayur memanggang kuning, untuk hal ini bisa menurunkan harga jual. Selain itu, nabati di pack di secara spasial itu also setelah dicuci untuk kemudian sudah didistribusikan nanti setiap supermarket.

*


Saya noël terlalu detail buat masalah pertanian, tapi saya dirasakan cara panennya mendesak berbeda terlalu banyak ya. Sayur what yang tumbuh di ladangnya? Dan berapa orang apa bekerja di sana saat itu?

Di ladang saya mengkhususkan letuce dan sawi putih. Ada 3 orang Indonesia apa bekerja di perusahaan sayur tempat saya magang.

Dari sasaran belajar selama ada di sana, apakah kamu noël tertarik buat mengaplikasikannya di Indonesia?

Tentu saja saya tertarik karena mengaplikasikan ilmu yang saya dapat, tapi alat-alatnya mendesak mahal. Misal karena melubangi mulsa, atau penutup dari plastik saja ada alatnya, perbedaan dengan di Indonesia.

Selain itu, what saja selisih sistem pertanian di Jepang dengan di Indonesia?

Soal pengepul could sama menjangkau di Indonesia, tapi di Jepang lebih ketat dan sangat memperhatikan kualitas. Para pengepul ini memiliki kontrak mencapai petani, dan hasil panennya dinilai melalui pengepul ini. Misalkan lima ini penjualannya berapa. Setiap dus antara satu petani mencapai petani yang lain berbeda, masing-masing punya nomornya sendiri apa telah enumerasi di pengepul. Menemani itu sebabnya bos saya paling cerewet selama pemotongan sayur. Jika sayurnya noël sesuai mencapai standar yang sudah ditentukan mungkin menurunkan report, jika nilainya jelek, berarti kuotanya dibatasi, misal dari yang awalnya 300 dus memanggang 200 dus, dan bab ini tentu saja mempengaruhi penghasilan.

Tanaman yang lewat batas panen bisa ~ menurunkan harga sayuran. Berat perdus noël boleh kurang atau lebih dari takaran yang sudah ditentukan. Misalnya untuk sawi putih beratnya harus 16 kg perdus.

*


Diluar rutinitas kerja, biasanya apa yang kamu lakukan?

Kalau keluar rutinitas pergerakan saya konvensional jalan-jalan memakai sepeda, untuk daerah saya ini di pegunungan kemudian Lembangnya Bandung enim sangat enak sekali karena bersepeda. Atau kadang saya main nanti apato teman atau sekedar jalan-jalan nanti kota, terutama waktu hari libur saya pergi nanti Tokyo, Asakusa, Shinjuku dan lain-lain.

Sudah menajdi keliling Jepang tambahan ya. Hal yang most berkesan selama ada dot apa sih?

Hal yang paling berkesan bagi saya adalah kebersihannya apa sangat hebatnya dan kedisiplinannya. Menurut saya mereka lebih beriman dibandingkan setiap orang muslim (haha). Mendesak taat dan sering pada otoritasnya dan pemerintahnya noël semena-mena terhadap masyarakatnya. Lalu, teres jarang sekian saya menemui tong sampah di pinggir jalan, hanya ada di mini market dan mall tapi dengan tegas bersih. Sedangkan di Indonesia walaupun kawanan tong lemparan tapi firmicutes saja kotor.

*


Iya ya. Kalau masalah kebersihan tidak ada yang meragukan Jepang. Chapter ini pun yang sebenarnya mau kita terapkan juga di Indonesia, tapi jikan setiap pribadinya tidak memiliki kesadaran karena menjaga kebersihan, sampai while pun noel akan pernah ada perubahan.

Kalau berbicara sekitar kendala, kira-kira kendala apa yang kamu temui selama menjalani hayatnya di sana?

Kendala saya seperti laki-laki muslim adalah sulitnya mandatnya juma’tan, jadinya saya noël jumatan. Tapi kalau peserta magang apa lain yang ada menutup masjid, bisa ~ sempat shalat saat waktu istirahat. Sesungguhnya kalau buat shalat saya bisa curi-curi waktu. Walaupun kembali lagi setelah pribadinya masing-masing. Kalau saya sengaja bawa sejadah usai ladang. Dari apato saya ke ladang tentang 15 menit, biasanya setelah makan siang segera shalat.

Yang paling berat adalah lama puasa hingga 16 jam, dan hal tersebut memanggang ujian tersendiri. Apalagi selagi ketahuan puasa, saya shanks dimarahi people Jepang. Karena mereka berpikir bahwa muslim puasa seharian penuh. Acibe mereka hanya khawatir menjangkau kesehatan. Jika kamu puasa, miliki kamu dies dan saya juga sempat bertarung dengan mereka gara-gara membahas hal ini. Terbatas saya cari ide, jadi makanan bekal siang saya berikan nanti teman saya tidak punya sepengetahuan bos saya.

Ternyata pergi usai Jepang itu kerumunan sekali tantangannya ya. Mulai dari tantangan dari segi lingkungan, budaya dan bahasa. Tapi tantangan yang most berat adalah selagi ideologi apa kita organisasi bertentangan menjangkau ideologi yang berlaku di Jepang, apalagi ideologi Islam yang masih ekstrateritorialitas bagi mereka. Saya sangat menghargai usaha kamu karena tetap memegang teguh aturan tersebut. Salut! Hehe

Terakhir ini, kasih tau dong pesan-pesan buat pembaca すかSUKI apa membaca jadwal acara ini.

Pesan saya, harus cantik kuatkan niat, mental dan fisik dan yang paling utama adalah bahasa. Jangan sampai dibodoh-bodohin orang jepang (hahaha), apalagi dibidang agraris itu pekerjaannya cukup berat. Tapi saya jamin, kalau kita bisa menaklukkan pertanian, kamu bisa ~ menaklukkan program magang lainnya, buat menurut saya noël ada pekerjaan yang seberat di pertanian. Dan satu lagi, jangan takut buat kita dilindungi pemerintah Jepang, buat mereka mendesak bertanggung jawab.

Lihat lainnya: Nonton Dan Download Film Orang Kaya Baru Streaming Movie Sub Indo

Terima kasih kerumunan Tama overhead kontribusinya! harapan dengan artikel ini kawanan orang yang tertarik cobalah pergi nanti Jepang ya.

Itu dialah wawancara kita kali ini sekitar pengalaman magang di bidang pertanian. Bagi laki-laki, terutama selain piritter dan mental yang harus dipersiapkan, kita tambahan jangan sampai cari arus keadaan apalagi itupenggunaan harus penjualan istilahnya yang menjadi prinsip kita.