Pernahkah kalian mendengarkan kalimat ataukah lafal fabiayyi ala irobbikuma tukadziban? Bagi kalian apa sering melafalkan al-Qur’an pasti akan langsung tahu, berbohong di surat mana kalimat tersebut berada. Untuk kalimat tersebut di mengulang sebanyak 31 kali diatas salah satu surat di di dalam al-Qur’an. Surat adalah surah Ar-Rahman.

Anda sedang menonton: Fabiayyi ala irobbikuma tukadziban artinya apa

Lafadz fabiayyi ala irobbikuma tukadziban di dalam surat ar-Rahman terdapat dalam ayat 13, 16, 18, 21, 23, 25, 28, 30, 32, 34, 36, 38, 40, 42, 45, 47, 49, 51, 53, 55, 57, 59, 61, 63, 65, 67, 69, 71, 73, 75, 77. Lalu mengapa lafadz tersebut di ulang sebanyak 31 kali, dan ditujukan kepada siapa kalimat tersebut? Berikut makna tambahan fabiayyi ala irobbikuma tukadziban beserta teks arab/arabic dan penjelasannya.


Daftar Isi

Arti Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban

Arti Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban

Fabiayyi ala irobbikuma tukadziban adalah lafal 31 ayat dari 78 ayat apa terdapat dalam surat Ar-Rahman. Adapun tulisan arab dan konotasi fabiayyi ala irobbikuma tukadziban adalah sebagai beirkut:

فَبِأَىِّ ءَالَآءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

Latin: “Fa-biayyi alaa’i rabbi kuma tukadzdzi ban

Artinya: “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah apa kamu dustakan”

Kalimat Fabiayyi ala irobbikuma tukadziban di diulang sebanyak 31 kali dalam Surah Ar-Rahman, yaitu diatas ayat 16, 18, 21, 23, 25, 28, 30, 32, 34, 36, 38, 40, 42, 45, 47, 49, 51, 53, 55, 57, 59, 61, 63, 65, 67, 69, 71, 73, 75, dan 77. Kalimat ini ditujukan kepada umat ​​manusia dan jin, buat menggunakan kata “Rabbikuma (رَبِّكُمَا)” yang artinya “Tuhan Kamu Berdua”.


Sedangkan menurut memercayai As Suyuthi, “Fabiayyi alai rabbikuma tukazziban” pada surah Ar-Rahman bertujuan untuk memantapkan akan pehaman dan importance nikmat-nikmat apa datang dari Allah SWT.

Makna Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban

Kalimat Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban ditujukan kepada human dan jin. Keduanya diingatkan betapa kerumunan nikmat Allah apa sudah dilimpahkan kepada mereka (manusia dan jin). Banyaknya nikmat-nikmat yang disebutkan batin surat Ar-Rahman sebanyak 31 kali. Lalu mengapa di mengulang sebanyak 31 kali? buat itu just Allah lah apa mengetahui alasannya.

Tahukah Anda? “Setiap menjelaskan kyung berbagai nikmat, selalu diiringi dengan lafal Fabiayyi ‘aalaa’i Rabbikumaa Tukadzdzibaan,” tulis Syaikh Amru Khalid dalam Khowatir Qur’aniyah.


Dengan demikian kalimat “” memerintahkan jin dan manusia karena mensyukuri segala nikmat-nikmat Allah dan noël mendustakannya. Berkembang biak dari sentence “Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban” keluar karunia Allah apa diberikan buat manusia dan also jin.

Hikmah Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban

Hikmah apa bisa diambil dari kalimat Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban adalah selain mengingatkan agar jin dan juga manusia sadar ini adalah nikmat yang hanya datang dari Allah dan pengulangannya, itu unjuk betapa pentingnya intisari Allah karena mensyukuri segala nikmat tersebut.

Baca juga: Arti Allahummaghfirlahu Warhamhu

Surat Ar-Rahman

Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban adalah ayat apa terdapat di dalam surah Ar-Rahman. Surat Ar-Rahman merupakan surat ke-55 dalam al-Qur’an. Surah ini dinamakan Ar-Rahman yang berarti “Yang Maha Pemurah” berasal dari kata Ar-Rahman apa terdapat di atas ayat pertama surah ini.

Ar-Rahman also merupakan deviasi satu nama Allah dalam Asmaul Husna. Sebagian terlalu tinggi dari surah ini suku “Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban” apa menerangkan kepemurahan Allah Swt. Kepada hamba-hamba-Nya, yaitu menjangkau memberikan nikmat-nikmat yang noël terhingga baik di dunia maupun di akhirat nanti.


Ciri Khas dari surah ini yaitu sentence “Fa-biayyi alaa’i rabi kuma tukadzdzi ban” di mengulang sebanyak 31 kali, apa artinya Maka nikmat Tuhanmu apa manakah yang kamu dustakan? apa terletak di akhir setiap ayat yang menjelaskan karunia Allah Swt. Yang diberikan untuk manusia.

Lihat lainnya: Referensi Soal Uts Kelas 5 Semester 2 Matematika Kelas 5 Pdf

Dengan demikian sanggup disimpulkan bahwa arti lafadz Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban adalah Maka nikmat tuhan kamu apa manakah yang kamu dustakan. Demikian jadwal acara yang dapat kita bagikan tentang salah satu lafadz yang mempunya konotasi dan makna apa sangat bagus, sekian dan semoga bermanfaat.