Sakit terutama merupakan penyakit yang dapat bertindihan siapa saja. Terdapat tiga types sakit kepala yang paling umum terjadi, yaitu migrain, sakit utama cluster, dan sakit major tegang. Tidak sah perbedaan ketiga jenis sakit utama ini, serta cara mengatasinya.

Anda sedang menonton: Cara mengatasi sakit kepala yang tidak hilang hilang

Rasa sakit utama dapat terjadi di bagian terutama mana pun, implisit bagian major belakang apa menjalar nanti leher. Biasanya rasa sakit kepala yang muncul dapat berlangsung selama mayoritas jam, ~ hingga berhari-hari.

*

Jenis Sakit Kepala apa Umum Terjadi

Ada berbagai tipe sakit kepala, penyebabnya pun mungkin beragam, sebagai kelelahan, muka tekanan darah, ~ gangguan diatas otak dan sistem saraf pusat. Namun secara umum, ada 3 tipe sakit yang paling sering terjadi, yaitu:

Migrain

Migrain ditandai dengan sakit utama berdenyut apa muncul hanya di satu sisi kepala. Sakit kepala ini mungkin berlangsung selama mayoritas jam, bisa tambahan berhari-hari. Selain sakit kepala, penderita migrain tambahan dapat mengalami mual, muntah, dan lebih sensitif terhadap suara bising atau cahaya.

Meski hingga kini menyebabkan migrain belum diketahui secara pasti, namun sejumlah faktor bisa memicu serangan migrain, di antaranya stres, kelelahan, kualitas tidur yang buruk, kebiasaan merokok, dan konsumsi minuman beralkohol apa berlebihan.

Sakit kepala cluster (cluster headaches)

Sama kemudian migrain, sakit major cluster juga bisa terasa di satu sisi major saja. Bedanya, rasanya nyeri akibat kondisi ini dapat terjadi secara tiba-tiba dan masser terasa di belakang mata atau area circa mata.

Serangan sakit major cluster dapat berlangsung kyung 15 menit hingga 3 jam. Terms ini sering membangunkan penderitanya dari tidur untuk rasa nyeri yang tak tertahankan. Tidak just nyeri di kepala, penderitanya tambahan bisa mengalami keluhan berupa mata merah, bengkak, dan berair.

Ada sejumlah faktor apa bisa pengayaan risiko seseorang mengalami sakit utama cluster, yaitu usia, kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol, dan memiliki anggota familic yang tambahan sering mengalami sakit utama cluster.

Sakit utama tegang (tension headaches)

Sakit terutama tegang adalah types sakit major yang most sering dialami. Penderita sakit major ini biasanya become merasakan nyeri di senin sisi kepala, belakang mata, dan terkadang juga di leher. Rasa nyeri pada kapak ini sering digambarkan such kepala sedang terlilit kencang oleh tali.

Stres penuh sesak merupakan deviasi satu faktor diaktifkan munculnya tension headaches. Sakit kepala jenis ini dapat berlangsung selama 30 menit hingga beberapa hari. Meski cukup mengganggu, penderita sakit kepala tegang masih sanggup menjalani aktivitas sehari-hari.

Cara Mengobati Sakit utama secara bawaan

Ada cara-cara alami yang bisa dilakukan karena mengatasi sakit kepala. Saat sakit kepala muncul, milik mereka bisa mencoba beberapa cara under ini untuk meredakannya:

1. Mematahkan di ruangan apa gelap

Jika diserang sakit utama terjadi saat milik mereka sedang beraktivitas, segeralah cari tempat untuk berbaring ataukah duduk. Usahakan their beristirahat di ruangan apa tenang dan agak gelap. Cahaya terang atau berkedip, seperti dari layar komputer, bisa ~ memicu sakit major migrain.

2. Pijatan di titik-titik tertentu

Pijat kran air ledeng bagian pelipis, leher, bahu, dan kepala, selama 30 menit. Cara ini diyakini dapat help meringankan sakit kepala.

3. Kompres cold maupun hangat

Anda juga dapat mengompres potongan kepala apa terasa rasa sakit dengan kompres basah maupun kompres dingin. Kedua cara ini mampu meredakan nyeri di kepala. Apabila manfaat kompres dingin, pastikan buat melapisinya dengan bahan atau handuk.

Obat-obatan Medis untuk Sakit Kepala

Untuk memperbaiki sakit kepala, pengobatan become disesuaikan mencapai penyebabnya, misalnya menjangkau beristirahat bila penyebab sakit utama adalah kurang istirahat, atau melakukan relaksasi bila penyebabnya adalah stres.

Selain itu, ada beberapa tipe obat apa dapat their gunakan untuk meredakan rasa sakit kepala:

Paracetamol

Jika sakit kepala apa Anda bawaan masih tergolong ringan, maka paracetamol bisa dulu solusi. Selain sebagai obat penurun demam, obat ini juga memiliki efek seperti antinyeri, sehingga dapat digunakan karena meredakan rasa sakit di kepala.

Golongan antiinflamasi nonsteroid

Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) juga dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala. Contoh obat golongan ini adalah ibuprofen dan propyphenazone.

Di samping obat-obatan di atas, obat antimuntah dan obat golongan triptan also sering digunakan buat mengatasi diserang sakit kepala, terutama migrain.

Berbagai obat sakit utama di atas bisa ~ ditemukan batin bentuk kandungan tunggal maupun kombinasi. Obat kombinasi, misalnya gabungan paracetamol dan obat antiinflamasi nonsteroid, terkadang lebih efektif batin mengatasi rasanya sakit, dan biasanya digunakan untuk mengatasi sakit terutama yang tidak reda mencapai obat tunggal.

Anda dapat cobalah beberapa jenis pengobatan di atas buat meredakan sakit kepala. Bila anda ingin keuntungan obat pereda nyeri, selalu pastikan untuk membaca dulu dosis dan politik penggunaannya, terlebih jika anda memiliki kapak medis tertentu.

Lihat lainnya: Catat! Ini Berat Badan Ideal Tinggi 155 Cm Untuk Wanita Dan Pria

Apabila sakit kepala yang Anda rasakan semakin berat, semakin sering timbul, ataukah disertai kaku pada leher, jam kabur, gangguan berbicara, ataukah gangguan berjalan, segeralah periksakan diri ke dokter. Dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan bangsaaksi sakit kepala apa Anda alami.