Bahan:

150 gr beras kualitas sedang, cuci bersih 1 kantong plastik tahan panas apa agak tebal massa 15 cm x 17 centimeter air secukupnya sejumput garam (jika suka)

Catatan Khusus:

Jika anda ingin ketupat yang agak besar, memakai plastik ukuran 18 x 20 cm, content sebanyak 225 gr beras. kelebihan 2cm singa plastik buat dilipat dan selanjutnya lipatan di-lem/di-seal atau dilaminating sehingga menghasilkan bungkusan berbentuk bujur sangkar sebesar 15cm x15cm atau 18 cm x 18 cm. Saya sengaja noël memakai massa beras menjangkau istilah 1/3 ataukah 1/2 ton plastik untuk ukuran tsb relatif dan subyektif, susah disetujui bagi pemula yang akan making ketupat pertama kali.
*
*
*
*
*
*
*
*
*
*



Anda sedang menonton: Cara membuat ketupat dari plastik

*
Ketupat Bungkus Plastik
*
*
*



Lihat lainnya: Resep Sambal Pecel Lele Pake Kacang Mete Yang Enak Dan Sederhana

Asal: Indonesia

Catatan..

Ketupat asli apa dibungkus dengan lembaran kelapa anak laki-laki memang nikmat. Tapi bagi beberapa setiap orang terutama apa tinggal di rantau ketupat lembaran kelapa sebagai impian semata karena susah didapat. Solusinya ya produksi ketupat mencapai bungkus plastik daripada tidak ada kemiripannya sekali. Di Indonesiapun kalau sedang kepepet, saya also sering making ketupat di dalam plastik demi alasannya kepraktisan he he. untuk membuat ketupat batin plastik sebenarnya noel susah malah sangat gampang, tentu saja bagi apa sudah punya pukul terbang tinggi. Tetapi bagi yang baru belajar sanggup saja mengalami kegagalan untuk beberapa faktor: manner memasak, jenis beras ataukah banyaknya isi. Ketiganya adalah faktor penting apa menentukan keberhasilan pembuatan ketupat. Memang kelihatan menyudahi tetapi kalau caranya tidak tepat, ketupat their akan berbentuk tangguh dan berbutir-butir atau bubur encer apa berbulir-bulir. Catatan: Ketupat plastik ia mengatakan berhasil jika saat matang bentuknya cantik menyerupai ketupat: massf dan kenyal bukan seperti bungkusan bubur encer, lunak atau berair. Ada argumen apa mengatakan saya dirampas ini bisa memperbaiki dengan cara disimpan di dalam kulkas supaya ketupat mendingin dan mengeras. Lupakan doktrinnya tersebut, untuk menyesatkan !!. Ketupat yang lembek dan berair tak become mengeras meski their simpan batin kulkas selama 2 hari. Tapi jangan keburu undg he he. Jika their ikuti tips dan step by action cara pembuatan ketupat dengan tepat saya yakin milik mereka akan berhasil ;-) sepuluh PENTING: untuk anda yang tinggal di LN, jangan pakai beras income kualitas bagus kemudian Jasmine Rice/Scented Rice. Beras2 ini sengaja didesain karena dimasak mencapai sedikit air, waktu singkat dan bentuknya tetap cantik berbutir-butir ke dimasak. Kalau their pilih beras ini karena membuat ketupat saya jamin ketupat akan ancur2an, kalau nggak melelahkan berbutir-butir memiliki berakhir seperti bubur encer yang berbulir-bulir. Aturan pembuatan ketupat: Beras kualitas sedang dan senjata menghasilkan ketupat apa lebih baik karena beras jenis ini mungkin mengembang sekaligus menyatu/merekat satu sama lain. Saran saya lebih baik memakai beras patah atau beras panjang biasa. Kalau kepepet pakai Boiled-in Bag Rice/Reisbeutel apa regular ~ no yang ada embel2 parboiled, precooked atau easy-cook dan memasak dengan cara yang sama di dalam resep ini. terakhir but not the very least thx & credits goes to Yani & Liza, my ideal friends & ex-colleagues teman berdua bereksperimen di tempat pergerakan plus di dapur, in Batam pulau many years kembali ;-)

Cara Membuat:

Ukur plastik sebesar 15 cmx 17 centimeter (untuk 150 gr beras) atau 18 cm x 20 centimeter (untuk 225 gr beras). Potong atau gunting plastik sesuai dalam jumlah besar jika perlu. Jangan dilupakan sisihkan 2 cm lebih panjang karena dilipat dan dilem. Lem/seal bungkus plastik mencapai cara lewatkan lipatan pada api atau lille dari ujung ke ujung mencapai cepat. Lipatan akan meleleh dan otomatis tertutup/sealed. (Lihat Gambar) (Cara ini menyerupai proses laminating hanya dilakukan secara manual. Note: Hati2 menjangkau jari their jangan sampai keslomot api :-). Cuci beras, tiriskan dan masukkan isi ke dalam plastik pantas ukuran. Beri sedikit garam jika dari mereka suka. Lem plastik mencapai cara yang sama sehingga terbentuk bungkusan berbentuk bujursangkar. Lubangi plastik dengan cara poker garpu 5 kali secara merata di setiap sisi. Jangan dilubangi terlalu banyak krn disebabkan terlalu kawanan air apa masuk sehingga ketupat enim lembek. Panaskan wait sebanyak mungkin ke dalam panci dalam jumlah besar besar (kurang lebih 3/4 volume panci) dengan fire maksimum. Tunggu sampai mendidih. setelah air mendidih, masukkan bungkusan plastik. Tutup panci dan koki selama 30 menit. (Jangan input bungkusan plastik bersama air dingin atau sebelum air mendidih, buat akan absorb air terlalu kerumunan sementara beras belum mengembang. Hasilnya Ketupat menjadi lembek dan berair). Intip sekitar 15 menit setelah perebusan, plastik ini adalah menggembung kemudian terlihat di dalam gambar. nanti 30 menit, bungkus plastik become tenggelam untuk beras sudah awal menyerap wait dan awal mengembang.(lihat gambar) Kecilkan fire sedikit antara panas sedang dan ditinggikan dan lanjutkan merebus selama 1 pukul sampai bungkusan matang dan benar2 tenggelam nanti dasar panci. Jaga supaya seluruh potongan ketupat selalu terendam air dan tambahkan wait mendidih setiap kali air awal menyusut. (Kekurangan air berakibat tekstur ketupat berbutir seperti nasi/tidak halus menyatu). Jika cantik matang, mengaturnya di saringan, rebahkan ketupat di atas lubangnya supaya dia air keluar.

Tips: