Moms dan Dads tentu tak asing mencapai layanan kesehatan apa diberikan Badan Penyelenggaraan lega Sosial (BPJS) Kesehatan.

Anda sedang menonton: Cara cek tunggakan bpjs kesehatan

Ketika were anggota BPJS Kesehatan, kalian tentu saja akan diwajibkan membayar sejumlah iuran setiap bulannya. Jumlah ini juga tergantung pada jenis layanan yang digunakan.

Dilansir dari website BPJS Kesehatan, besaran iuran BPJS diberkatilah anda tiup bulannya mengacu Perpres 64 lima 2020, yaitu kelas 1 Rp 150.000 per setiap orang per moon dengan manfaatnya pelayanan di ruang perawatan kelas 1, kelas 2 Rp 100.000 per people per moon dengan manfaatnya pelayanan di ruang perawatan kelas II, dan kelas 3 Rp 42.000 per orang per bulan tapi pemerintah militer memberikan bantan iuran sebesar Rp 7.000, sehingga per 1 Januari 2021, iuran BPJS diberkatilah anda kelas III yaitu sebesar Rp 35.000.

Baca Juga: Cara Cek NISN untuk Daftar sekolahnya Anak, Catat Ya!

Lalu, Moms dan Dads tambahan membutuhkan cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan apa akan dibayar setiap bulannya.

Dikarenakan pembayaran iuran BPJS Kesehatan most lambat yaitu tanggal 10 setiap bulannya.

Cara Mengecek tagihan BPJS Kesehatan

*

Foto: seputarpangandaran.volumepillsworld.comm

Nah, Moms dan Dads berikut ini mayoritas cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan apa bisa kita pilih tergantung kebisaaan:

1. Cara Mengecek tagihan BPJS health Lewat Website

Moms dan Dads tentu saja akan memilih mengecek bill BPJS kesehatan lewat website apabila aktif menggunakan internet. Caranya, dingin masuk website secara resmi bpjs dan lakukan pengecekan faktur pembayaran mulai dari:

Pertama, Moms dan Dads menjadi diminta karena mengisi beberapa data yang terdiri dari nomor kartu dan tanggal lahir sebagai pemegang kartu BPJS diberkatilah anda tersebut.Setelah mengisi kedua kolom tersebut, Moms tambahan Dads harus mengetikkan numeral validasi yang tertera di sana. Kemudian, klik cek dan rincian pembayaran kalian menjadi muncul di atas layar.

Rincian ini meliputi pembayaran apa telah dilakukan dan tambahan tagihan apa belum dibayarkan.

Tentu cara mengecek tagihan BPJS diberkatilah anda ini sesuai untuk Moms dan Dads yang terbiasa di dokter layar monitor.

Baca Juga: 5 types Asuransi yang Wajib milik mereka Miliki

2. Cara Mengecek tagihan BPJS kesehatan Via SMS

Selain malalui website, ada satu cara mengecek tagihan BPJS kesehatan yaitu lewat SMS.

Cara mengecek bill BPJS kesehatan via SMS ini juga tentu itu mudah Moms dan Dads serta pengguna bpjs berbeda yang tidak atau langka menggunakan layanan internet batin keseharian.

Cara mengecek tagihan BPJS health ini dapat mengakses melalui angka 08777-5500-400.

Untuk mengakses insula mengenai data pribadi peserta dan fasilitas kesehatan terdaftar dapat dilakukan berdasarkan angka Induk Kepegawaian (NIK), angka Kartu BPJS health (NOKA), atau Nomor Induk Pegawai (NIP) melalui siaran pesan dengan format :

NIKNOMOR INDUK KEPENDUDUKAN

volumepillsworld.comntoh : NIK 3534346346

NOKANOMOR KARTU BPJS KESEHATAN

volumepillsworld.comntoh : NOKA 0006234623764

NIPNOMOR INDUK PEGAWAI

volumepillsworld.comntoh : NIP 1962061574585889

Sedangkan untuk tagihan iuran dapat dilakukan melalui pengiriman pesan mencapai format :

TAGIHANNOMOR KARTU BPJS KESEHATAN

volumepillsworld.comntoh : tagihan 0001260979209

Untuk mengetahui style penulisan pesan pada layanan SMS BPJS Kesehatan, tampan dengan mengetik membantu lalu dikirim usai nomor 08777-5500-400. Apabila ada informasi apa keluar selain dari numeral tersebut, BPJS kesehatan tak bertanggung jawab.

Baca Juga: Asuransi Pendidikan untuk Anak, Penting atau Tidak?

3. Cara Mengecek faktur BPJS kesehatan Lewat Aplikasi JKN

Ada kenyamanan lainnya jika berwewenang mengecek bill BPJS health yaitu lewat aplikasi yang bernama JKN. Tentunya, Moms dan Dads harus mengunduh aplikasi mobile JKN terlebih dulu di playstore bila pengguna android dan appstore bila pengguna apple.

Cara mengecek tagihan BPJS kesehatan lewat aplikasi JKN yaitu pertama masuk setelah akun mobile jkn yang Moms dan Dads. Jika belum memiliki bertanggung jawab maka daftar dulu making akun.

Bila sudah berhasil, cara mengecek bill BPJS yaitu log in in lalu klik menu Premi. Kemudian, rincian tagihan BPJS yang perlu membayar pun ini adalah muncul diatas layar ponsel Moms ataukah Dads.

4. Cara Mengecek bill BPJS health melalui mitra perbankan

Cara mengecek bill bpjs kesehatan also bisa melalui mitra perbankan BPJS kesehatan yaitu financial institution BRI, BNI, dan Mandiri. Moms dan Dads dapat mengecek sekaligus membayar bill melalui ATM.

Jika Moms dan Dads di dalam perjalanan dan menemukan atm terdekat, tentu saja cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan dulu hal mudah dilakukan. Cara mengecek faktur BPJS diberkatilah anda melalui mitra perbankan yaitu:

Masukkan kartu ATM nanti dalam mesin dan tekan ke bawah tombol menyematkan sebanyak 6 digitPilih food selection "Transaksi Lain", kemudian klik food selection "Pembayaran" dan lanjutkan pilih "Lainnya"Pilih "BPJS" dan klik menu "BPJS Kesehatan"Setelah itu, pintu masuk nomor peserta BPJS kesehatan atau numeral virtual acvolumepillsworld.comunt apa diberikan saat does registrasi akun.Validasi mencapai pilih menu "Benar" dan lakukan konfirmasi pembayaran jika besaran iuran apa tertera diatas mesin ATM benar dengan pilih menu "Ya".

Tak just mengecek besaran tagihan, pengguna juga dapat manfaat ATM sebagai media pembayaran iuran BPJS every bulannya.

Baca Juga: Begini Cara Cek dan Download Sertifikat Vaksin yang memanggang Syarat bepergian Selama PPKM Darurat, Catat!

5. Cara Mengecek tagihan BPJS kesehatan melalui channel lain

Moms dan Dads juga bisa mendapat informasi seputar jumlah bill iuran bpjs dengan datang langsong ke kantor bpjs atau melalui call center BPJS di nomor telepon 1500 400.

Selain itu, cara mengecek faktur BPJS Kesehatan tambahan bisa keuntungan layanan jemput nol BPJS diberkatilah anda yaitu mobile customer service, di mall pelayanan hadirin di beberapa wilayah tertentu.

Baca Juga: Begini Langkah Mengurus BPJS kesehatan Bayi apa Belum Lahir, sudah Tahu?

6. Cara Mengecek bill BPJS kesehatan Melalui Chika dan Pandawa

BPJS kesehatan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan peserta di masa pandemi, di antaranya melalui pelayanan no tatap maju yang memanfaatkan media online seperti Whatsapp, telegram dan Facebook.

Pelayanan non tatap muka yang saat ini bisa mengakses oleh Moms dan Dads yaitu CHIKA dan PANDAWA, melalui dua layanan ini peserta bisa mendapatkan insula seputar kepesertaan dan mendapat pelayanan administrasi.

CHIKA merupakan pelayanan insula melalui obrolan (chatting) yang akan direspon oleh Artificial Intelligence. Lewat CHIKA, Moms dan Dads dapat memperoleh insula kepesertaan dan tagihan iuran, prosedur pendaftaran peserta program JKN-KIS, dan perubahan data peserta JKN-KIS.

Sementara Pandawa adalah Pelayanan Administrasi oleh Whatsapp apa merupakan inovasi apa dibuat darimana Oktober 2020, yakni kemudian informasi, Pandawa telah diuji volumepillsworld.comba pada Juni 2020. Layanan ini official beroperasi di atas Juli 2020 dan walk sampai saat ini.

Bagi Moms dan Dads yang ingin mendapatkan pelayanan administrasi melalui PANDAWA, peserta bisa mendapatkan pelayanan PANDAWA melalui CHIKA, dengan konspirasi sebagai berikut:

Setelah CHIKA merespon, CHIKA bevolumepillsworld.comme menampilkan tipe pelayanan CHIKA dan kami dapat memilih jenis layanan administrasi

Kemudian CHIKA menjadi menampilkan types Layanan PANDAWA dan peserta dapat memilih 1 types layanan.

Setelah memilih 1 tipe layanan yang dibutuhkan, selanjutnya peserta menyeleksi domisili provinsi dan sup cabang sesuai dengan ruang angkasa tinggal peserta

Langkah terakhir, CHIKA bevolumepillsworld.comme memberikan membentuk pelaporan yang wajib di volumepillsworld.comntent oleh peserta dan mengirimkan membentuk pelaporan setelah nomor Whatsapp sup Cabang benar dengan wilayah quenn peserta tinggal (No Whatsapp sesuai dengan informasi apa diberikan CHIKA).

Moms dan Dads akan di hubungi melalui Petugas Admin PANDAWA kantor Cabang buat membantu tangani itu administrasi pantas kebutuhan peserta. Informasi lebih next hubungi treatment Center BPJS kesehatan 1500 400.

Baca Juga: 9 Asuransi Ini Tawarkan programme Perlindungan volumepillsworld.comVID-19, kerumunan Manfaatnya!

Sebagai informasi tidak ada bagus keterlambatan pembayaran iuran terhitung start tanggal 1 Juli 2016. Bagus dikenakan apabila batin waktu 45 (empat puluh lima) aku sejak statusnya kepesertaan dipicu kembali, peserta apa bersangkutan dapatkan pelayanan diberkatilah anda rawat inap.

Lihat lainnya: Arti Bst Untuk Lulusan Slta Sederajat + Bst Adalah, Daftar Cpns Bakamla 2021 Di Sscasn

Berdasarkan Perpres No. 64 lima 2020, besaran bagus pelayanan sebesar 5% (lima persen) dari nilai diagnosa mulai pelayanan kesehatan rawat inap dikalikan mencapai jumlah bulan tertunggak menjangkau ketentuan kemudian jumlah bulan tertunggak paling banyak 12 bulan, besaran denda paling tinggi Rp30.000.000,00 (tiga puluh juta rupiah) dan bagi peserta mencapai kategori pekerja penerima upah pembayaran denda pelayanan ditanggung oleh pemberi kerja.