DNA merupakan materi yang form kromosom-kromosom dan also merupakan insula genetik yang tersimpan batin tubuh intisari hidup. Insula genetik ini di atas dasarnya merupakan kumpulan instruksi/perintah apa mengatur sel karena bisa does hal-hal tertentu.

Anda sedang menonton: Basa nitrogen yang tidak dimiliki dna yaitu

DNAu00a0singkatan dariu00a0deoxyribonucleic acid, atau batin Bahasa Indonesia disebut mencapai Asam Deoksiribosa Nukleat atau ADN. Katau00a0deoxyrybou00a0mengacu pada nama gula yang terkandung di dalam DNA, yaituu00a0deoxyryboseu00a0(deoksiribosa).Susunan kimia DNA adalah polimer berupa rantai liong dari nukleotida.Perlu diingat bahwa satu nukleotida terdiri dari satu gugus fosfat, satu komponis gula pentosa (5-karbon), dan satu basa nitrogen. Satu-satunya pembeda tiap nukleotida ialah basa nitrogen.Hanya ada 4 kemungkinan basa yang terdapat di atas tiap satu nukloetida DNA, yaituu00a0adenineu00a0(A),u00a0guanineu00a0(G),u00a0thymineu00a0(T), atauu00a0cytosineu00a0(C). Variasi urutan dari terkering basa-basa tersebut membentuk suatu kode genetik di ~ sel.Sesuai uraian pada maka basa nitrogen apa dimilki melalui DNA adalah adenine, guanine, thymine, dan cytosine. Sedangkan basa nitrogen yang tidak dimilki DNA yaitu basa nitrogen Urasil (U), basa nitrogen ini hanya dimilki melalui RNA.u00a0RNA terdiri dari rantai poliribonukleotida apa basa-basanya tradisional adalaha adenin, guanin, urasil, dan citosin. RNA berada batin nukelus maupun sitoplasma sel. Bergam bentuk dari RNA lebih banyak liêu DNA. RNA mempunyai memuat molekul antara 25.000 sampai mencapai beberapa juta. Umumnya RNA berisi rantai polinukleotida tunggal, tetapi rantai yang biasa terlipat form daerah heliks ganda apa mengandung pasangan basa A:U dan G:C.u00a0Molekul RNA luaran bentuk yang berbeda dengan DNA. RNA mempunyai bentuk pita tunggal dan noel berpilin. Tiap pita RNA merupakan polinukleotida yang tersusun dari kawanan ribonukleotida. Setiap ribonukleotida tersusun dari gula ribosa, basa nitrogen dan asam fosfat. Basa dari nitrogen RNA terbagi menjadi dua yaitu basa purin dan basa pirimidin. Basa purin sama menjangkau DNA yang tersusun dari adenin (A) dan guanin (G), sedangkan di atas basa pirimidinnya perbedaan dengan DNA yakni tersusun dari sitosin (C) dan urasil (U).u00a0Tulang phase RNA diatur dari deretan ribosa dan fosfat. Ribonuleotida RNA terdapat secara bebas batin nukleoplasma mencapai bentuk nukleosida trifosfat, misalnya adenosin trifosfat (ATP), Guanosin Trifosfat (GTP), Sistidin Trifosfat (CTP), dan Uridin Trifosfat (UTP). RNA disintetis melalui DNA yang berada di berlipat sel dengan benefit DNA sebagai cetakannya.u00a0"}>" data-test="answer-box-list">

*

DNA merupakan materi yang membentuk kromosom-kromosom dan juga merupakan insula genetik apa tersimpan dalam tubuh alam hidup. Informasi genetik ini di ~ dasarnya merupakan kumpulan instruksi/perintah yang mengatur sel karena bisa melakukan hal-hal tertentu.

DNA singkatan dari deoxyribonucleic acid, atau batin Bahasa Indonesia disebut dengan Asam Deoksiribosa Nukleat atau ADN. Kata deoxyrybo mengacu pada nama belakang gula apa terkandung di dalam DNA, yaitu deoxyrybose (deoksiribosa).

Susunan kimia DNA adalah polimer berupa rantai panjang dari nukleotida.

Perlu diingat bahwa satu nukleotida terdiri dari satu gugus fosfat, satu komponen gula pentosa (5-karbon), dan satu basa nitrogen. Satu-satunya pembeda tiap nukleotida ialah basa nitrogen.

Hanya ada 4 kemungkinan basa yang terdapat di atas tiap satu nukloetida DNA, yaitu adenine (A), guanine (G), thymine (T), atau cytosine (C). Variasi urutan dari keempat basa-basa tersebut form suatu kata sandi genetik di ~ sel.

Lihat lainnya: Jual Perkutut Bangkok Di Sidoarjo Kab, Jual Perkutut Bangkok Di Sidoarjo

Sesuai uraian di atas maka basa nitrogen yang dimilki malalui DNA adalah adenine, guanine, thymine, dan cytosine. Sedangkan basa nitrogen yang tidak dimilki DNA yaitu basa nitrogen Urasil (U), basa nitrogen ini hanya dimilki oleh RNA. 

RNA terdiri dari rantai poliribonukleotida yang basa-basanya konvensional adalaha adenin, guanin, urasil, dan citosin. RNA berada batin nukelus maupun sitoplasma sel. Bergam bentuk dari RNA lebih banyak dari pada DNA. RNA mempunyai berat molekul antara 25.000 sampai mencapai beberapa juta. Umumnya RNA berisi berantai polinukleotida tunggal, tetapi rantai yang biasa terlipat membentuk daerah heliks ganda apa mengandung pasangan basa A:U dan G:C.

 Molekul RNA pribadi bentuk apa berbeda mencapai DNA. RNA mempunyai bentuk band tunggal dan tidak berpilin. Tiap pita RNA merupakan polinukleotida apa tersusun dari kerumunan ribonukleotida. Setiap ribonukleotida pengaturan dari gula ribosa, basa nitrogen dan asam fosfat. Basa dari nitrogen RNA terbagi were dua yaitu basa purin dan basa pirimidin. Basa purin sama menjangkau DNA apa tersusun dari adenin (A) dan guanin (G), sedangkan di atas basa pirimidinnya variasi dengan DNA yakni tersusun dari sitosin (C) dan urasil (U). 

Tulang phase RNA tersusun dari deretan ribosa dan fosfat. Ribonuleotida RNA terdapat secara bebas dalam nukleoplasma menjangkau bentuk nukleosida trifosfat, misalnya adenosin trifosfat (ATP), Guanosin Trifosfat (GTP), Sistidin Trifosfat (CTP), dan Uridin Trifosfat (UTP). RNA disintetis oleh DNA apa berada di inti sel dengan menggunakan DNA kemudian cetakannya.