Bagi Anda yang ingin mengenal bahasa Sunda lebih jauh, cara termudah adalah mencapai belajar ungkapan sehari-hari. Kali ini ini adalah kami sajikan ungkapan-ungkapan batin bahasa Sunda apa biasa dipergunakan batin pergaulan anak muda sehari-hari. Untuk kategorinya, ungkapan-ungkapan berikut ada batin tutur basa loma atau bahasa akrab.
*

Berikut ini mayoritas contoh ungkapan bahasa Sunda sehari-hari beserta artinya:-Urang ulin yu ah! = Ayo itupenggunaan main (jalan-jalan)!-Manéh mah teu balég ah = Kamu engga bener ah-Tong cicing waéatuh! = Jangan kesunyian saja dong!- Keur haroréam ah = lainnya malas ah.- Ari ngomong téh kawas TOA waé, gandéng nyaho! = Kalo ngomong tuh kayak TOA, berisik tahu!- Ari keur teu boga duit téh, sok haroream nanaon! = Kalo lainnya gak punya uang, suka males ngapa-ngapain.- Manéh kamana waéeuy? = Kamu kemana saja?- Manéh mah dibéjaan sok teu percaya = Kamu tuh diberitahu shanks nggak percaya- Tong bangor = Jangan nakal- Urang keur pararusing = Saya lagu pusing- Buru atuh = Cepat dong- Iraha panggih? = ketika ketemu?- Paséa waéeuy jeung kabogoh téh, teu bosen?= Berantem terus kamu tuh kemiripannya pacar, gak bosan?- Kalem, tong gurung gusuh = Tenang, jangan terburu-buru- Manéh wé, urang mah moal miluan = Kamu saja, saya gak ikutan- Geus kapanggih can? = siap ketemu belum?- Isuk deui wélah = hari berikutnya saja lah- Mun mungkin mah ayeuna = Kalau bisa sekarang- Ih, meni mahal-mahal teuing = Ih, mahal banget- Urang mah miluan wékumaha alusna = Saya ikutan saja koknya baiknya- Tong sok pipilueun urusan batur! = Jangan suka ikut campur urusan setiap orang lain!- Gumasép siah! = Sok ganteng kamu!- Gumeulis siah! = Sok cantik kamu!- Ké, urang ingat heula = Nanti, saya pikir-pikir dulu- untung teu memanggang = Untung tidak jadi- Tong dipelong waéatuh = Jangan dilihatin saja dong- mendasar si borokokok! = dasar gak benar/gak becus- Tunduh pisan = Ngantuk banget- Hayang dahar = Pengen makan- Ih, meni geulis pisan = Ih, cantik banget- Hayu urang téangan = Ayo, untuk kita cari- dasar belegug, nu kitu waéteu bisa = dasar bodoh, yang gitu aja gak bisa- Kumaha manéh wé= Terserah kamu saja- Rék kitu waé? = Mau gitu aja?-Rék kieu waé?= Mau gini aja?- Cik atuh mikir!= Mikir dong!- Cobaan heula = Coba dulu- Urang keur capépisan euy = Saya another capek banget- Sok atuh dalahar = Silakan diatas dimakan- Sampeur urang berutang engké?= Jemput saya ya nanti?- Tong poho nya!= Jangan lupa ya!- Tong sieun! = Jangan takut!- Ngeunah pisan euy = Enak banget- Geuleuh pisan ningalina = Jijik banget lihatnya- Hayu urang ngariung = Ayo itupenggunaan kumpul- Naha bet bisa kitu? = kenapa bisa enim gitu?- modernkan urang geus ngomong ka manéh = modernkan saya siap ngomong kemiripan kamu- Iraha deui bisa kieu? = ketika lagi sanggup begini?- Manéh rék kamana? = Kamu mau kemana?- Sésakeun keur urang berutang = Sisain untuk saya ya- Teu hararayang pisan! = Gak mau banget!- Saha éta? = Siapa dia?- Urang rék saréheula = Saya mau tidur dulu- Hudangkeun engkéurang nya? = Bangunin saya setelah itu ya?- Tong kabeurangan = Jangan kesiangan- Engképeuting waélah = nanti malam saja lah- Angger manéh mah ari geus kitu téh = Kebiasaan, kalau kamu siap begitu- Tong nepi katipu! = Jangan sampai tertipu!- Meulina di mana? = Belinya di mana?- Urang géhayang = Saya juga mau- Pedit manéh mah ah! = Kamu pelit!- Sing jadi jalma bageur = Semoga enim orang yang baik- Tong sok sirik ka batur = Jangan suka iri pada orang lain- Cik bantuan atuh! = Bantuin dong!- Urang mah teu ngarti ku kalakuan manéh mah = Saya gak ngerti sama kelakuan kamu- Naha bisa? = Kok bisa?- Tuluykeun ulah? = Teruskan jangan?- enim wékapiheulaan batur = enim saja keduluan sama setiap orang lain- Iraha rek ulin ka imah? = ketika mau main nanti rumah?- Lalaunan atuh leumpang téh = Pelan-pelan dong jalannya- Tong gancang teuing = Jangan terlalu cepat- Pokona loba pisan nu miluan= Pokoknya banyak banget apa ikutan- Rék dianteur moal? = Mau diantar gak?- balik jeung saha? = Pulang kemiripannya siapa- repair ngabring wéinditna = Lebih baik bareng-bareng/berombongan saja perginya- Urang mana? = orang mana/asal mana?- Tah kieu atuh, modern jadina mantap! = Nah gini dong, dimodernkan jadinya mantap!- Geus lila nungguan di dieu? = siap lama nungguin di sini?- song sabar, tong gedéambek! = apa sabar, jangan gampang marah- Ari kamari jadi teu? = Kemarin jadi gak?- Diuk heula = Duduk dulu- Peuting hésésaré, beurang héséhudang = Malam susah tidur, siang susah bangun- Karunya pisan = penyesalan banget- Urangdahar di dieu wéyu ah = untuk kita makan di sini aja yuk!- Teu ngeunah = Gak enak- Lila pisan! = Lama banget!- Dagoan atuh! = Tungguin dong!- Urang mah teu apal = Saya noël tahu- Ari bagéan urang iraha? = Kalau potongan saya kapan?- Sok teu pararuguh ah! = shang gak jelas ah!- Geus, tong dilayanan = Sudah, jangan diladenin- Udag atuh! = Kejar dong!- Enggeusan ah! = Udahan aja ah- Isuk deui waélah = Besok another aja lah- Hayang nyaho wae manéh mah = Kamu pengen kenal aja- Moal dibéja-béja ah! = Gak ini adalah dikasih untuk mengetahui ah!- Manéh ambek ka urang? = Kamu marah kesamaan saya?- Sabodo teuing! = Peduli amat!- Tong kitu atuh! = Jangan gitu dong!- kesopanan saeutik atuh! = sopan dikit dong!- Hampura urang, nya? = Maafin saya, ya?- radikal pikasebeleun! = mendasar nyebelin!- Geura hudang atuh! = Cepat bangun dong!- Ari ieu di mana? = Kalau ini di mana?- Mayarna sabaraha?= Bayarnya berapa?- Mahal teu? = Mahal tidak?- Tempatna ngeunaheun pisan = Tempatnya nyaman/enak banget- Geus ditéangan can? = cantik dicari belum?- Teuing, teu kapanggih = Gak tahu, gak ketemu- Nya, geus atuh ari kitu mah = Ya, siap kalau begitu- Rarasaan enim tambah lieur masalah téh = Perasaan memanggang tambah pusing nih masalah!- Dipikir-pikir, asa teu kaharti ku akal = Dipikir-pikir, gak sanggup dimengerti akal- Molor waésiah! Buru hudang! = Kamu tuh tidur aja! Cepetan bangun!- Teu bosen paraséa waé? = Gak bosan berantem terus?- Samarukna urang rék peduli? Embung teuing! = Dikiranya saya mau peduli? Gak banget deh!-------------------------Artikel dll seputar belajar Bahasa Sunda using DI SINI