Menstruasi terlambat biasanya menjadi tanda awal kehamilan. Padahal, terms ini tidak hanya dialami malalui orang apa sedang hamil. Telat haid juga bisa dulu gejala dari intervensi kesehatan apa perlu mendapatkan perlakuan dokter.

Siklus menstruasi tiap wanita umumnya berbeda-beda. Namun, siklus yang normal adalah 21–35 hari, terhitung dari days menstruasi terakhir. Nah, anda bisa orang orang bilang mengalami menstruasi terlambat bila noël haid selama 35 days atau lebih.

Anda sedang menonton: Apa penyebab telat haid tapi tidak hamil

*

Meski umum terjadi, milik mereka dianjurkan karena tetap waspada, sebab ada beberapa kapak medis yang dapat berakibat menstruasi terlambat.

Faktor penyebab Menstruasi Terlambat

Menstruasi terlambat noël selalu were pertanda kehamilan. Ada faktor lain yang juga bisa menyebabkan terms ini, yaitu:

1. Stres

Saat stres, produksi hormon gonadotropin dan kinerja hipotalamus, yaitu potongan otak yang bertanggung jawab arrange siklus menstruasi, menjadi terganggu. Hal inilah yang membuat siklus haid terlambat.

Jika periode menstruasi terganggu akibat stres, anda dapat mengatasinya dengan cobalah teknik relaksasi, melakukan sesuatu yang disukai, atau mendengarkan musik.

2. Obesitas

Penambahan memuat badan mungkin memicu perubahan hormon diatas wanita. Penelitian demonstrasi bahwa feminin dengan berat badan berlebih atau obesitas, luaran risiko tinggi mengalami menstruasi terlambat.

Diet dan olahraga akan disarankan oleh hati-hati jika obesitas menjadi faktor menyebabkan menstruasi terlambat apa Anda alami.

3. Bobot badan turun

Menstruasi terlambat kemungkinan dialami oleh banci dengan intervensi makan, seperti anoreksia atau bulimia. Jika berat badan terlalu inferioritas dari memuat badan ideal, fungsional tubuh akan terganggu dan ovulasi pun become terhenti.

Mengobati gangguan makan dan menaikkan berat badan secara sehat dapat kembali siklus haid apa normal.

4. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok dapat disebabkan gangguan diatas menstruasi dan deviasi satunya adalah haid terlambat. Bab ini terjadi karena zat-zat yang ada di di dalam rokok, implisit nikotin, dapat memengaruhi hormon estrogen dan progesteron yang berperan dalam siklus menstruasi.

5. Hormon prolaktin berlebih

Menstruasi terlambat dapat disebabkan malalui produksi hormon prolaktin yang noel normal. Hormon yang dihasilkan di kelenjar pituitari ini become meningkat pada masa menyusui, tetapi juga bisa terjadi asibe kondisi medis tertentu, such penyakit ginjal, hipotiroid, dan tumor kelenjar pituitari di otak.

Peningkatan hormon prolaktin ini dapat efek kinerja hormon lain, yaitu estrogen dan progesteron yang berperan dalam proses menstruasi sehingga dapat memicu telat haid.

6. Berefek pil KB

Pil KB mengandung hormon estrogen dan progestin yang dapat prevalensi pelepasan sel telur. Agar siklus haid Anda bagian belakang normal, diperlukan waktu hingga enam moon setelah organisasi mengonsumsi pil KB.

Jenis alat kontrasepsi lain yang juga dapat menyebabkan menstruasi terlambat adalah KB implan dan suntik KB.

7. PCOS (polycystic ovary syndrome)

PCOS adalah suatu kondisi yang menyebabkan tubuh their memproduksi lebih crowd hormon androgen. Terms ini bisa membuat menstruasi noel teratur atau bahkan menghentikannya.

Penyebab PCOS belum diketahui secara pasti, tetapi diduga berkaitan dengan kondisi lain, seperti resistensi insulin dan sindrom metabolik.

Selain mentruasi terlambat, gejala PCOS dll adalah kulit berminyak atau berjerawat, berat badan meningkat secara tiba-tiba, dan muncul bercak-bercak gelap pada kulit.

8. Penyakit kronis

Penyakit kronis, such diabetes dan penyakit celiac, dapat berefek siklus menstruasi. Gula darah yang noël stabil berkaitan erat menjangkau perubahan hormon. Oleh untuk itu, diabetes yang noël terkontrol membuat menstruasi menjadi noël teratur.

Sementara itu, penyakit celiac disebabkan peradangan yang dapat menimbulkan berbahaya pada usus kecil. Terms ini bisa menghalangi tubuh menyerap nutrisi berbiaya hingga berakibat menstruasi terlambat.

9. Gangguan tiroid

Kelenjar tiroid berfungsi arrange metabolisme tubuh. Jika hormon ini noel bekerja mencapai baik, haid pun bisa terganggu. Kelenjar tiroid bermasalah dapat dikenali dengan gejala berupa lelah, penurunan berat badan secara drastis, haar rontok, dan sensitif terhadap suhu panas atau dingin.

Namun, Anda noël perlu khawatirdan karena gangguan di ~ tiroid dapat menangani dengan medicine dan operasi. Haid pun akan kembali normal setelah gangguan tiroid ditangani oleh dokter.

10. Menopause dini

Menopause dini terjadi ketika ovarium pegang bekerja dahulu seorang banci berusia 40 tahun. Menopause dini berakibat pelepasan sel telur berhenti, yang juga ditandai dengan gejala menstruasi terlambat, berkeringat saat malam, dan padat tidur.

Namun, jika dari mereka berusia lebih dari 40 lima dan menunjukkan gejala menstruasi terlambat, haid lebih lama, ataukah terjadi perdarahan usai berhubungan seks, sebaiknya secepatnya konsultasikan setelah dokter. Bab ini bisa dulu gejala penyakit polip serviks, polip endometrium, atau kanker endometrium.

Lihat lainnya: Jangan Sepelekan Mimpi, Anda Selalu Mimpi Orang Yang Sama Berkali

Jika mengalami haid terlambat lebih dari tiga period secara berturut-turut dan ujian kehamilan demo hasil negatif, sebaiknya dari mereka memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan memastikan penyebab menstruasi terlambat apa Anda innate dan menentukan penanganan sesuai terms kesehatan Anda.